Omah Rembug Kelurahan Perak Barat Sarana Penyelesaian Masalah Di Masyarakat


Surabaya,- Nuswantoro pos.com Permasalahan seringkali terjadi di kehidupan bermasyarakat mulai dari yang kecil hingga yang besar, namun tidak semua permasalahan harus berujung pada penyelesaian di penjara.

Ada sebuah kearifan lokal yang cukup membantu dalam pemecahan masalah di masyarakat yakni “Rembug” dalam bahasa Indonesia memiliki arti “Musyawarah”.

Oleh karena itu Kepolisian beserta masyarakat telah membentuk sebuah Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) dengan wadah Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) yang biasa disebut dengan Omah Rembug, yang saat ini mulai didirikan oleh 3 Pilar beberapa RW Kelurahan Perak Barat, Rabu (29.Maret.2023)

Kegiatan ini di hadiri oleh Dirbinmas Polda Jatim, Kapolres Krembangan, Bhabinkabtimas Kel. Perak Barat, Staf Kelurahan Perak Barat, Ketua RW. 6, Bhabinkantibmas.


Sebagai bentuk tanggung jawab Harkamtibmas kepada masyarakat sehingga masyarakat merasakan kehadiran petugas keamanan di tengah tengahnya, Sebagaimana sesuai perintah Kapolri bahwa saat ini POLRI diharapkan jadi penengah di masyarakat terkait aduan dan masalah yang ada atau Restoratif Justice sehingga esensi pelayanan masyarakat terhadap hukum benar benar dirasakan.
Salah satu Omah Rembug yang sudah didirikan di Kelurahan perak barat adalah Omah Rembug yang berada di Balai RW.06 Jalan Ikan Gurami Lebar

 No. 20 Kecamatan Krembangan Surabaya. 

Lurah Perak Barat Zaifuiddin Zuhri, S.kep, Ns M.Kes menjelaskan ke awak media bahwa Omah Rembug merupakan tempat 3 Pilar (Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Kelurahan) berusaha mencari solusi penyelesaian permasalahan masyarakat untuk diselesaikan pada tingkat kelurahan.

Selain menjadi tempat untuk bermusyawarah, Omah Rembug juga di jadikan tempat menggali informasi terkait Harkamtibmas Lurah karena dengan adanya tempat tersebut menjadi kantor Kelurahan Perak Barat.

Aiptu Wiji S selaku Bhabinkamtibmas berharap dengan adanya Omah Rembug bisa membantu masyarakat yang mempunyai masalah sehingga mendapatkan penyelesaian yang cepat dan tepat dengan mengedepankan rasa kemanusian dan kekeluargaan, Ungkap nya. (Red)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url