Dinas Perikanan Sidoarjo Gelar Bazaar Olahan Perikanan Perkuat Ekonomi Kerakyatan




Sidoarjo, - Dalam pemulihan ekonomi bidang unit usaha mikro mandiri pasca pandemi covid 19 melanda sekitar dua tahun lebih, untuk itu Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo menggelar kembali event bangkitkan geliat ekonomi kerakyatan. Adakan Bazaar Olahan Hasil Perikanan bertemakan "Ayo Makan Ikan Agar Sehat Kuat dan Cerdas".

Hal ini sangat dinantikan oleh para penggiat UMKM bidang olahan perikanan, yang mana adanya Bazaar sebelumnya teragendakan setiap Tri Wulan, dan pada tahun ini di hadirkan lagi, bisa memancing kembali animo Kelompok Pengolahan Pemasaran (POKLASAR), atau masyarakat untuk mengkonsumsi makanan dari bahan dasar ikan ataupun sejenisnya serta waktu tepat mempromosikan, mengenalkan aneka kuliner dari mulai sajian ragam ikan olahan beraneka varianya, apalagi kabupaten Sidoarjo terkenal dengan penghasil udang dan ikan seperti icon atau symbol kabupaten Sidoarjo.


Jumat (4/11/2022), berada di halaman kantor Dinas Perikanan Sidoarjo jalan Sultan Agung Nomor 28, Gajah Timur, Magersari, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pelaksanaan Bazaar mulai pukul 07 00 Wib, di ikuti perwakilan usaha mikro mandiri UMKM 15 Kecamatan se Sidoarjo. Tujuan Bazaar pengenalkan hasil olahan Perikanan Sidoarjo. Selain para peserta juga di hadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Bachruni Aryawan, Kepala Bidang  Usaha Perikanan juga Ketua Panitia Bazaar Septy, Staf dan Pegawai.

Kepala Dinas Perikanan Sidoarjo Bachruni Aryawan menyampaikan "harapan kamu adanya Bazaar Olahan ini, bisa mengangkat produk olahan yang ada di kabupaten Sidoarjo, dan mengenalkan pada masyarakat umum, Sidoarjo mempunyai produk olahan Perikanan nya. Tentunya pada masa pandemi covid sangat susah untuk memasarkan. Ini adalah solusi untuk mengangkat kembali UMKM pengolahan perikanan, adanya Bazaar Olahan yang kita adakan tiap tiga bulan sekali, ini bisa mengangkat produk olahan Sidoarjo" ungkapnya.

Terdapat banyak penjual yang menjajakan produk jualannya dengan bahan dasar ikan. Produk itu mulai dari aneka keripik, lauk, hingga beragam cemilan, juga terdapat beragam kue yang bahan dasarnya ikan. Kue-kue itu itu jenisnya juga beragam aneka sambel dengan bahan utama ikan, misalnya sambel ikan teri, sambel cumi, sambel udang, dan beragam makanan lainnya.

Peserta Bazaar Lestari dari kecamatan Taman menuturkan "Alhamdulillah adanya Bazaar kembali bisa perkuat dan membantu pemasaran para POKLASAR, selama ini kita tidak bisa kemana mana hanya melalui media online kita pasarkan. Harapan kita Bazaar ini selalu ada, produk kita bisa lebih dikenal dan adanya bantuan dari Dinas untuk pengembangan usaha kita" ucapnya.

Sementara, Pemerintah juga terus berupaya mendorong agar masyarakat gemar mengonsumsi ikan, terutama untuk anak-anak agar gizi mereka terpenuhi. Kandungan gizi di ikan cukup baik dan harganya relatif terjangkau ketimbang daging.(stna)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url