Serunya pesta demokrasi Pilkades Desa Kemiri. Kecamatan Malo, Kab. Bojonegoro.




Bojonegoro, Nuswantoro Pos.com Pilkades serentak di 33 desa di Kab. Bojonegoro dilaksanakan hari ini,  Rabu, (26/10/2022). Salah satu penyelenggaranya adalah Desa Kemiri. Perhelatan pesta demokrasi pilkades di Desa Kemiri, dalam pantauan awak media Nuswantoro Pos berjalan lancar dengan  didasari kesadaran bersama dalam menjaga kelancaran pelaksanaan menuju proses suksesi kepemimpinan Kepala Pemerintahan Desa. Meskipun perjalanan liputan menuju lokasi Desa Kemiri melewati jalan desa yang dilalui awak media ini, terlihat jalanan menuju ke arah lokasi desa, kini telah menjadi kubangan air dan  jalan berpaving  yang sudah mulai rusak, namun dalam kondisi jalan yang demikian, antusias pemilih tetap tinggi untuk menyalurkan hak pilihnya untuk memilih calon kadesnya. Tetapi jalanan yang rusak berkubang air itu tentunya akan mempunyai dampak membahayakan para warga  pengguna jalan di desa desa sekitarnya.



Wilayah Desa Kemiri terbagi menjadi 3 pedukuhan, yakni Dukuh Gemolong, Dukuh Semanding dan Dukuh Kemiri Krajan.  Dengan jumlah pemilih sebanyak 1528 hak pilih atau DPT, yang dalam pelaksanaan pencoblosannya dibagi menjadi 5 TPS dilokasi berbeda. Adapun 3  Calon Kades Desa Kemiri yang maju sa'at ini, yakni No 1. Anwar Ja'in. No 2 Surgi dan No 3 Hj. Mudrikah, satu satunya Calon kades perempuan, mereka telah bersiap dan bertarung untuk meraih hati warganya.
Proses pilkades dipimpin langsung oleh ketua panitia pelaksana, Turmudi yang juga menjabat sebagai kasi pembangunan desa Kemiri, bersama dengan panitia inti 11 orang dan panitia TPS 15 orang. Turut serta mengawasi dan mengikuti proses pilkades tersebut,  sejumlah panwas yang berasal dari aparat keamanan TNI (Babinsa), Polri(Babinkamtibnas), tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda dan perempuan. 
Ketika dikonfirmasi terkait jalannya pilkades yang tampak lancar dan aman, menurut Turmudi sebagai ketua panitia pelaksanaan pilkades desa Kemiri menuturkan, bahwa, dari sejak awal kami sebagai panitiya berupaya mensosialisasikan agar pilkades di Desa Kemiri bisa berjalan kondusif tanpa gejolak dengan upaya memberikan wacana kepada setiap calon kepala desa yang maju dalam pemilihan, untuk selalu menjaga kerukunan. Saya memantau terus situasi  disetiap TPS yang berlokasi di 5 tempat untuk pencoblosan, nampaknya semuanya berjalan lancar tanpa kendala. Demikian pungkas Turmudi. 

Berlanjut memasuki proses penghitungan suara bertempat di pendopo desa Kemiri, penghitungan berlangsung sangat sengit  dan saling susul menyusul antara cakades no urut 1 Anwar Ja'in dan cakades no 3,Hj. Mudrikah, hingga sorak sorai pemilih yang hadirpun begitu ramai. Hasil perolehan suara diakhir penghitungan, jumlah tertinggi diraih oleh cakades No.1. Anwar Ja'in dengan jumlah suara yang didapatkan sebanyak 726 suara No 2 Surgi sebanyak 5 suara dan terakhir No.3 Hj. Mudrikah dengan jumlah suara sebanyak 659 pemilih dan suara tidak sah sebanyak 11 suara. Jadi total jumlah suara pemilih sebanyak 1401 orang. Selisih hasil pemungutan suara terjadi antara No.1 Anwar Ja'in dengan No. 3. Hj.Mudrikah yang hanya terpaut sebanyak 67 suara. Semoga siapapun yang menjadi kades nantinya, bisa menjalankan amanat rakyat dengan penuh rasa tanggung jawab. (BAW)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url