Berbusana Daerah, 400 Warga Surabaya Ikut Upacara Sumpah Pemuda





Surabaya,- Salah satu penampilan pada upacara hari Sumpah Pemuda di Balai Kota Surabaya (28 Oktober 2022)
Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2022 berlangsung di Halaman Balai Kota Surabaya. Pemkot Surabaya mengundang 400 warga sebagai peserta untuk mengikuti upacara pada Jumat (28/10).

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, masyarakat yang mengikuti proses upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda mengenakan pakaian atau baju adat tradisional.

Alhamdulilah hari ini (28/10), kita mengundang masyarakat. Mereka menggunakan baju adat. Yang datang luar biasa, Alhamdulillah matur nuwun (terima kasih) untuk warga Surabaya karena selalu semangat,” kata Eri.

Salah satu warga yang mengikuti upacara adalah Farah. Warga kawasan Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya, itu mengaku senang bisa mengikuti prosesi Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Balai Kota Surabaya. Dia merasa bangga mengenakan pakai adat khas Minangkabau.

”Melalui proses upacara ini, saya sebagai generasi penerus bangsa, terutama sebagai Arek Suroboyo bangga dalam mempertahankan budaya. Walaupun kita berbeda-beda tapi tetap satu, Indonesia. Ayo sama-sama kita gelorakan semangat kepemudaan untuk Surabaya lebih baik,”

Senada dengan Farah, peserta upacara lain, Indra Saraswati mengaku baru pertama kali mengikuti prosesi upacara di Pemkot Surabaya. Sambil mengenakan pakaian tradisional, dia juga memuji rangkaian acara yang disuguhkan kepada seluruh peserta upacara.

”Seru sekali. Saya baru pertama kali mengikuti acara di Balai Kota Surabaya. Acaranya menarik, prosesinya tertata dengan baik dan sangat rapi. Sukses selalu untuk Kota Surabaya dan terima kasih kepada Wali Kota Eri Cahyadi atas motivasi yang diberikan kepada para pemuda Surabaya,” ucap Indra Saraswati.

Selain upacara, Pemkot Surabaya juga mengajak 38 komunitas olahraga bela diri dan perguruan silat membacakan deklarasi Surabaya damai. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi juga membacakan puisi disaksikan seluruh peserta upacara.
(Hidayat)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url