Semangat Kuatkan Produk Lokal Pertanian, Pemkab Bojonegoro gelar Fun Farmer's Day 2022.




Bojonegoro, Nuswantoro Pos.com Pandemi covid 19 telah memporak porandakan perekonomian secara global, hingga terpuruk pada titik nadir perekonomian masyarakatnya bersama sama Pemkab Bojonegoro perlahan bersemangat dan menggeliat bangkit bekerja keras untuk mengembalikan keterpurukan itu dengan gelaran kegiatan Fun  Farmer's Day yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Bojonegoro. Hal tersebut pertanda kembali pulihnya kondisi ekonomi pasca pandemi. Kegiatan ini merupakan ekspose komoditas produk-produk pertanian yang dihasilkan para petani dan diikuti sejumlah perwakilan petani dari 28 Kecamatan se-kabupaten Bojonegoro. Gelaran Fun Farmer's Day dilaksanakan 2 hari dimulai tanggal 6-7  September 2022 di gedung Serba Guna Ds. Dologgede kec. Tambakrejo.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro, Helmy Elisabeth dalam laporannya, mengatakan, " Fun Farmer's Day adalah sebagai wujud dari komitmen para pelaku usaha pertanian, bahkan, sa'at covid 19 mewabah di seluruh penjuru tanah air, sektor pertanian adalah yang masih bertahan untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Selanjutnya, Helmy mengatakan, selain perwakilan petani dari 28 Kecamatan, kami juga menghadirkan penyuluh pertanian. Dimana produk-produk tersebut juga telah dikunjungi oleh Bupati Bojonegoro bersama Forkopimda. Selain itu, kami juga memberikan kesempatan kepada pihak-pihak terkait dengan pertanian, yakni, sebagai formulator PT Petrokimia Kayaku, PT Corin, dan PT. OM Hwahaha( Futata) yang memproduksi Alsintan, penangkar benih,Bulog, BPR dan BUMDes dengan harapan para petani dapat melakukan jejaring semakin luas, "ujarnya.


Bupati Bojonegoro, Ana Mu'awanah selama mengunjungi lapak-lapak produk pertanian para petani mengajak berdialog para petani tentang banyak hal terkait perkembangan hasil produk pertaniannya, juga perkembangan harga sa'at BBM sedang naik, serta sudah sejauh mana pemasaran yang telah dicapai selama menggeluti usahanya. Dalam kesempatan tersebut, Bupati mencoba mencicipi beberapa produk pertanian maupun olahan khas Bojonegoro, jagung rebus, ketela pohon, dan aneka buah-buahan lokal seperti jambu kristal, kelengkeng, melon, juga keripik jantung pisang.

Bupati Bojonegoro sangat mengapresiasi apa yang telah menjadi karya nyata Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kab. bojonegoro dalam Fun Farmer's Day hari ini. Beliau, berujar," Ini tadi saya melihat jagungnya bagus-bagus, begitu juga terongnya, melon,bawang merah semuanya bagus. Produk turunan/hilirisasinya juga bagus. Tambahnya," Sebisanya Fun Farmer's Day bisa dilaksanakan setahun sekali. Harap Bupati. 

Beliau juga mengatakan, "Salah satu yang mengakibatkan kerentanan negara di sa'at krisis pangan dapat diantisipasi dengan terciptanya ketahanan pangan, serta mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat. bupati mengharapkan, dengan adanya Fun Farmer's Day tekhnologi pangan sa'at ini makin meningkat serta dapat menguatkan produk lokal melalui mini market atau super market yang telah ada. (BAW)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url