Wali Kota Surabaya Ajak Warga Saksikan Lomba Perahu Layar di THP Kenjeran




Surabaya,- Nuswantoro Pos.com
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengajak masyarakat datang menyemarakkan pesta rakyat sekaligus Lomba Perahu Layar di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya, Sabtu (13/8). Lomba Perahu Layar ini menjadi salah satu rangkaian menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Kota Pahlawan.

“Tanggal 13 Agustus 2022, lomba perahu layar piala wali kota. Sekaligus di THP Kenjeran, ada lomba panjat pinang, gebuk bantal, dihadiri Camat Dan lurah se kota surabaya dan dihadiri Juga para jajaran dan instansi instasi yang ada di Kota surabaya dan undangan undangan lainya.

Eri juga mengundang seluruh masyarakat hadir menyemarakkan lomba di THP Kenjeran. Warga dapat datang dengan mengajak sanak keluarga dan bersifat gratis. Baginya, kegiatan ini merupakan pesta rakyat Surabaya dalam menyambut Kemerdekaan Indonesia.



Ayo warga Surabaya datang ke Kenjeran, kita rayakan Kemerdekaan ini bersama. Karena perayaan kemerdekaan sebenarnya semangatnya yang kita ambil. Semangat gotong-royong, semangat kebersamaan ini tidak boleh pudar dan harus tetap terjaga lomba tradisional. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga (Disbudporapar) Surabaya, Wiwiek Widayati menyatakan, lomba perahu layar bakal diikuti sekitar 50 peserta dari nelayan sekitar.dan Kurang lebih  50 perahu yang ikuti lomba.

Dalam lomba perahu layar tersebut, juga menjadi bagian dari upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam menguatkan keberadaan para nelayan. Dengan demikian, selain aktivitas mencari ikan, para nelayan juga terlibat aktif menggerakkan sektor pariwisata di Kota Surabaya.

“Jadi saat para nelayan tidak melakukan aktivitas nelayannya, dia juga bisa terlibat dalam kegiatan pariwisata melalui kegiatan festival lomba perahu layar.

Harapan lomba ini menjadi bagian dari upaya Pemkot Surabaya dalam memantik daya tarik wisata. Sehingga hal ini diharapkan dapat mendatangkan wisatawan untuk datang di lokasi Kenjeran   menjadi salah satu bagian yang kita jual sebagai daya tarik wisata. Jadi kategorinya banyak, ada kecepatan perahu menuju finish, hingga kemampuan membuat penampilan dari sisi seni hias perahu.

Di sisi lain, ia menambahkan Pemkot Surabaya juga mengadakan sejumlah lomba lain. Di antaranya, lomba estafet tradisional, lomba gobak sodor putri, lomba gebuk bantal, lomba tarik tambang, dan lomba panjat pinang.
(Nova)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url