SMP Al Falah Deltasari Peringati Tahun Baru Islam Bersama Dokter Gamal


SIDOARJO, - Nuswantoro Pos.com
SMP Al Falah Deltasari memperingati Tahun Baru Islam dengan Talk Show menarik bertema Muda Mendunia, Senin (1/8/2022), hadir sebagai narasumber kali ini dr Gamal Albinsaid,  M. Biomed, pemuda yang sukses sekaligus CEO Indonesia Medika.

Dokter Gamal tampak semangat dan energik memberikan motivasi dan berbagi pengalamannya kepada para siswa, salah satunya terkait dengan bagaimana menentukan rencana karir yang baik ke depan, baik sekolah, kuliah, bekerja, berorganisasi atau belajar sesuatu yang disukai dan bermanfaat. Sesuai dengan konsep Ikigai, yakni ada 4 hal, what u love, what you are good at, What the world needs dan what you can be paid for. Dokter Gamal juga berbagi pengalaman ke siswa  tentang bagaimana bisa merevestasi dunia dengan meningkatkan kompetensi. 


"Jadi saya berpesan ke mereka (siswa) untuk lanjut tetap meningkatkan kompetensi karena itu akan menjadi value mereka di kemudian hari, lalu kedua portofolio, mereka harus membuat sebuah karya nyata bisa di bidang teknologi, aplikasi digital, bisnis, social, content creation dan lain sebagainya, buatlah sesuatu yang nyata, dan yang ketiga adalah prestasi ya, karena itu memberikan reputasi dan kredibilitas dan keempat  pengakuan publik, orang tahu suka dan percaya kepada mereka," Ujar pria yang istrinya juga pernah mengenyam pendidikan di SMP Al Falah ini.

Dokter Gamal menambahkan, para siswa juga perlu ditanamkan grouth mindset, termasuk mentalitas mau  'soroh' mau bekerja keras, mau merasakan ketidaknyamanannya. Yakni kemampuan para siswa untuk mengatur ketidaknyamanan supaya mendapatkan kenyamanan lebih di kemudian hari.
 
Selain itu, lanjut dokter Gamal, yang tidak kalah penting adalah jangan bikin bekerja keras tapi juga jangan memberhalakan ikhtiar, dokter Gamal yakin spiritualitas, religiusitas itu penting dalam konteks keberhasilannya, sehingga dirinya berbagi ke para siswa tentang bagaimana dulu orang tuanya berkorban buat dirinya dan itu pun menjadi semangat, 'birrul waalidain' (berbakti pada orang tua) itu jadi kunci keberhasilan,  termasuk menanamkan ke mereka orang yang paling berjasa adalah orang yang menyiapkan sesuatu dalam perjalanannya.

"Jadi mereka harus punya satu karakter demikian, karena saya yakin kalau kita menyempurnakan niat, maka Allah akan menyempurnakan pertolongannya dan kalau akhirat yang kita tuju, maka dunia akan datang dalam keadaan tunduk, " Terangnya.

Dokter Gamal juga berharap SMP Al Falah Deltasari bisa melahirkan generasi-generasi muda yang memberikan karya nyata buat bangsa, punya kemampuan berdaya saing internasional dan mampu mempunyai spiritualitas yang kokoh.
 
"Saya melihat dari SMP Al Falah ini bagaimana adik-adik punya satu paradigma yang cukup baik ya, selain mereka punya satu orientasi pengembangan kompetensi yang kuat, kedua saya menyaksikan bagaimana SMP Al Falah punya satu komitmen besar untuk menanamkan soft skill, grouth mindset lalu berbagai macam karakter ya, karena kalau kita lihat rekomendasi world ekonomic forum itu menyebutkan critical thinking compleks problem solving dan creatifity menjadi Kunci keberhasilan di kemudian hari, dan keseimbangan dalam proses membangun kompetensi dan soft skill dalam hal ini mindset ataupun kapasitas kompetensi itu menjadi salah satu nilai plus dari SMP Al Falah yang Insyaallah bisa menyiapkan  adik-adik untuk mampu berkontribusi di zaman yang penuh perubahan hari ini, " Pungkasnya. 

Kepala SMP Al Falah mengatakan, acara talk show ini juga dalam rangka memperingati tahun baru islam, biasanya anak anak melakukannya dengan pawai, namun kali ini dirayakan dengan cara berbeda, sengaja mengundang dokter Gamal, seorang tokoh muda yang berjasa, tokoh yang mendunia dan sekolah ini berusaha menyiapkan generasi penerusnya biar mengikuti jejak beliau yang luar biasa dan menjadikannya inspirasi.
(Samisri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url