Pantai Selatan Jadi Saksi Semangat Prajurit Korps Marinir TNI AL Dalam Upacara Pembaretan



TNI AL. Koarmada II, Surabaya,- Dikala fajar memecah heningnya malam, deburan ombak Pantai Selatan pun membangkitkan semangat Prajurit Korps Marinir dalam upacara pembaretan dan telah resmi menyandang baret ungu Korps Marinir, setelah disematkannya baret pada Upacara Pembaretan yang dipimpin oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono  di Pantai Baruna, Kondang Iwak, Malang Selatan, Selasa (7/12).

Terlihat Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.(Han) dan Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Dewi Iwan Isnurwanto turut hadir mendampingi Kasal dan Ketum Jalasenastri Ibu Vero Yudo dalam Upacara Pembaretan yang terdiri dari 17 personel Perwira Remaja (Paja) Marinir Angkatan 66, 149 personel  Bintara Remaja (Baja) Marinir Angkatan XL/1 & 148 personel Angkatan XL/2, serta 198 personel Tamtama Remaja (Taja) Marinir Angkatan XL/2.

Menurut Kasal dirinya sudah 2 kali menyematkan baret ungu secara langsung kepada Prajurit Jalasena menjadi Prajurit Baret Ungu Pengawal Samudera yang digelar pada dini hari dengan suasana khidmat. Pembaretan dini hari ini dimaksudkan agar para prajurit mengenal karakter Korps Marinir yang selalu bergerak sigap pada saat terbit fajar.

“Upacara pembaretan yang kita saksikan pada pagi hari ini, bukanlah sekedar rangkaian seremonial semata. Pembaretan prajurit remaja Korps Marinir adalah salah satu implementasi Binkorps Marinir dari aspek pembinaan tradisi kultural atau tradisi. Pembinaan tradisi ini menjunjung nilai-nilai luhur dalam bentuk pembinaan karakter, penanaman rasa kebanggaan, dan kehormatan diri serta kecintaan kepada korps, dan dengan demikian, pembinaan personel merupakan salah satu pembuktian bahwa angkatan laut sangat serius dalam membangun kekuatan Matra Laut menjadi lebih professional, modern dan Tangguh,” ungkap Kasal.

Dalam kesempatan tersebut Kasal juga memberikan apresiasi kepada prajurit marinir yang meraih juara pada cabang olahraga selam, dan cabang olahraga terjun payung kerjasama parasut, dilanjutkan peresmian Prasasti. Selanjutnya Kasal beserta rombongan melaksanakan peninjaun daerah latihan pantai baruna dan peninjaun latihan peperangan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut seluruh PJU Mabesal, Dankodiklatal, Gubernur AAL, Danpuspenerbal, PJU Kormar, Danpasmar 1,2,3, Dr Conie Bakri (Pengamat Militer) , Kepala KPH Malang, Kepala Perhutani, dan Jalasenastri.

(Pen2)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url