Advertisement

Bersama Santri TPQ Musholah Manba'ul Falah Wisata Religi di Makam Terapung Syekh Mudzakir, Kokoh Berdiri di Tengah Abrasi

Sabtu, 11 Desember 2021, Desember 11, 2021 WAT
Last Updated 2021-12-12T06:26:51Z

Demak,- Nuswantoro Pos.com Wisata religi Makam Terapung Syekh Mudzakir Demak kini banyak diminati. Makam tersebut tersebut tetap kokoh berdiri meski di tengah abrasi. 

Makam Terapung Syekh Mudzakir berada di Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Demak. Nama lengkapnya yaitu Syekh Abdullah Mudzakkir dan akrab dipanggil Mbah Mudzakkir. Dia merupakan salah satu ulama besar yang menyiarkan Islam di kawasan Pantai Sayung, Demak.
Ulama yang lahir di Dusun Jago, Desa Wringinjajar, Kecamatan Mranggen tahun 1869 tersebut, disebut sebagai pencetak kader para kiai muda di Demak dan sekitarnya. 
Syekh Mudzakkir banyak berguru kepada ulama dari berbagai daerah salah satunya dengan Syekh Soleh Darat. Dia mempunyai empat istri Nyai Latifah, Nyai Asmanah, Nyai Murni dan Nyai Imronah. Dari empat istrinya Mbah Mudzakir dikaruniai 18 anak.

Salah satu karomah yang diberikan Allah kepada Syekh Abdullah Mudzakkir adalah makamnya tidak terendam air laut. Padahal pantai tersebut berada di Pantai Sayung Demak. Sehingga makam Syekh Abdullah Mudzakkir dan keluarganya tersebut dianggap keramat lantaran tidak terkikis dan tenggelam diterjang pasang surut air laut.

Jika Anda ingin berziarah menuju ke makam Mbah Mudzakkir, Anda harus berjalan sepanjang 700 meter yang samping kanan kirinya adalah air laut.

Jika tidak kuat berjalan, di wisata religi juga disediakan perahu sebagai akses menuju makam Waliyullah tersebut. 

Seperti hanya wali santri dari Tempat Pendidikan Qur'an (TPQ) MANBA'UL FALAH yang mengadakan Wisata Religi yang dilaksanakan pada hari Sabtu 11.Desember. 2021 di Makam Mbah Mudzakir Demak. Tapi sebelum nya melakukan perjalanan wisata Religi Santri dari TPQ Musholah Manba'ul Falah mereka berkunjung dahulu di Makam Sunan Ampel surabaya, Makam panjang dan Makam raden sakti gresik, Makam Sunan Geseng palang tuban, Makam Sunan Hasan munadi ungaran semarang dan mereka bermalam di situ. 

Untuk di pagi hari nya minggu 12. Desember 2021 berlanjut di wisata religi miniatur ka'bah firdaus Fatimah zahra semarang, dan lanjut lagi ke makam Syekh Mudzakir. 

Juga tidak ketinggalan mampir juga di masjid Agung Demak untuk sholat Dhuhur berjama'ah setelah itu lanjut ke makam Mbah sholeh ndarat semarang, guru para ulama hebat nusantara, seperti hadratussyekh Hasyim Asy'ari, mbah Ahmad dahlan juga raden Ajeng Kartini. 

Kegiatan wisata religi ke Makam para wali adalah ziarah ke makam. Santri dan wali santri berdoa bersama- sama di tempat berdoa makam para wali yang di Pimpin oleh Abah Trisnanto Wachid selaku Panitia dan Juga Pembina santri. (Novi)




berita ViralMore