Advertisement

Ratusan Peternak Sidoarjo Dibekali Strategi Pemasaran Secara Online

Kamis, 11 November 2021, November 11, 2021 WAT
Last Updated 2021-11-11T09:28:11Z


Sidoarjo, NuswantoroPos.com - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo saat tengah menyiapkan strategi pemasaran online untuk hasil ternak, termasuk hasil olahan yang selama ini hanya dipasarkan secara off line atau menjual dengan sistem konvensional.

Pembekalan strategi pemasaran online yang diberikan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Sidoarjo kepada ratusan Peternak itu dibuka langsung Wakil Bupati Sidoarjo Subandi. Kamis, (11/11/2021) di Sun Hotel Sidoarjo. 

Wakil Bupati H. Subandi berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan dan memperluas pemasaran dibidang peternakan dan olahannya. Karena usaha peternakan maupun pengolahan hasil  peternakan pada saat ini masih cenderung bersifat usaha sampingan belum sepenuhnya komersial sehingga system usaha yang dilakukan masih konfensional

"Apabila hasil olahan peternakan ingin dijadikan sebagai sumber utama bagi masyarakat diperlukan pengembangan usaha agar menjadi usaha pokok yang berbasis komersil. Sidoarjo yang merupakan kota metropolitan yang ekonominya berfokus pada agro industri, baik pengolahan berasal dari tumbuhan maupun olahan dari hewan," katanya.

Pengusaha ternak atau olahan hasil ternak komersil dapat dilakukan dengan menghimpun peternak UMKM menjadi satu organisasi dengan pengembangan pemasaran berbasis internet.

“Kegiatan ini merupakan wujud inovasi pemerintah yang tidak luntur walaupun ada di tengah masa pendemi. Maka dari itu kita harus terus memberikan support dengan kegiatan yang mendukung pemulihan perekonomian di Kabupaten Sidoarjo.

"Inovasi ekonomi kita galakkan namun harus tetap terjaga prokes. Selain itu dengan adanya kegiatan seperti ini betul-betul bisa dimanfaatkan dengan system pemasaran digital," jelasnya.

 Abah Subandi juga menambahkan bahwa  peralihan ke arah digital ini perlu pendampingan sehingga diperlukan waktu. Tahun 2022 akan terus dilakukan pendampingan terkait pemasaran hasil pertanian maupun peternakan, sehingga masyarakat yang mempunyai keinginan untuk bisa mendalami cara semula manual ke arah digital/IT betul-betul mampu bisa dirasakan sehingga memudahkan para pelaku UMKM.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo Eni Rustianingsih menyampaikan bahwa Peternakan merupakan salah satu konsen tersendiri dalam pemasaran hasil peternakan yang cukup berkembang saat ini.

Dengan menggunakan akses tersendiri akan memberikan banyak keuntungan kepada beberapa pihak baik itu produsen maupun konsumen, sehingga dengan system online ini diharapkan akan tercipta market place baru dengan usaha peternakan atau olahannya yang mana selama ini banyak dilakukan secara konvensional.


“Kedepan ada pendampingan kepada  seluruh stake holder maupun pemangku usaha baik peternak maupun UMKM yang bergerak di bidang olahan dapat mengembangkan pemasarannya dengan metode online," ujarnya. (Yu/Ir/Kominfo).

berita ViralMore