Pemkab Sidoarjo Gratiskan Biaya BPHTB dan IMB Pembangunan Perumahan Pahlawan Nanggala 402



Sidoarjo, NuswantoroPos.com - Pemerintah RI membangun perumahan khusus bagi pahlawan Nanggala 402 yang gugur dimedan tugas. Lokasinya berada di Desa Kedung Kendo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Terdapat 53 rumah yang progres pembangunannya masih berjalan. Pembangunannya dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI bekerjasama dengan TNI AL Lantamal V. 


Kamis Siang (11/11/2021), kunci perumahan Pahlawan Nanggala 402 diserah terimakan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP kepada ahli waris Pahlawan Nanggala 402, Kamis, (11/11). Serah terima sekaligus penandatanganan prasasti perumahan Pahlawan Nanggala 402 oleh Panglima TNI disaksikan oleh Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M, Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto SH., M.A.P., M.Tr.(Han), Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta serta Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP, Dandim 0816/Sidoarjo, Letkol Inf M. Iswan Nusi dan Kapolresta Sidoarjo Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan pembangunan Perumahan Pahlawan Nanggala 402 sebagai bentuk penghormatan terhadap dedikasi, loyalitas dan semangat tabah sampai akhir dari para pahlawan Nanggala 402. Dikatakannya Presiden RI melalui Kementerian PUPR menyiapkan 53 unit rumah bagi ahli waris pahlawan Nanggala 402. 

"Semoga penyerahan rumah ini akan banyak memberikan manfaat bagi ahli waris pahlawan Nanggala 402,"harapnya.

Panglima berharap bulan Desember mendatang seluruh rumah Pahlawan Nanggala 402 sudah selesai dibangun. Begitu juga dengan surat-surat kepemilikan yang diharapkannya dapat juga segera selesai. Dengan begitu nantinya ahli waris Pahlawan Nanggala 402 langsung dapat menerima perumahan tersebut.

"Saat ini pembangunan perumahan masih terus dilanjutkan, dan saya berkeyakinan bahwa kerja keras dari kementerian PUPR, BPN Sidoarjo, PP2P Wilayah IV, mitra kerja PT Paramita Multi Perkasa dan dukungan dari ibu Gubernur Jawa Timur serta tentunya TNI Angkatan Laut maka perumahan khusus bagi para pahlawan Nanggala segera dapat diselesaikan,"yakinnya.

Sementara itu Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor mengatakan Pemkab Sidoarjo akan menggratiskan pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) bagi kepemilikan perumahan Pahlawan Nanggala 402. Selain itu Pemkab Sidoarjo juga akan menggratiskan biaya kepengurusan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) nya. Menurutnya hal seperti ini sebagai bentuk dukungan Pemkab Sidoarjo kepada keluarga Pahlawan Nanggala 402 yang tinggal di Kabupaten Sidoarjo. 

"Kabupaten Sidoarjo menjamin biaya pajak BPHTB kemudian IMB sudah tuntas dan gratis,"ucapnya.

Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Gus Muhdlor tersebut juga mengatakan Pemkab Sidoarjo akan selalu memberikan dukungan kepada keluarga Pahlawan Nanggala 402. Salah satu bentuknya adalah pelatihan-pelatihan ketrampilan kerja serta pemberian bea siswa kepada anak-anak Pahlawan Nanggala 402. Pemkab Sidoarjo juga akan memfasilitasi pekerjaan bila istri dari Pahlawan Nanggala 402 berkeinginan bekerja. 

"Pemkab Sidoarjo akan memfasilitasi beliau-beliau semua dalam pekerjaan, terutama sang istri untuk bisa survive kedepan,"ujarnya.

Gus Muhdlor mengatakan hal seperti ini sudah menjadi tugas negara. Termasuk Kabupaten Sidoarjo untuk menjaga keluarga dari pahlawan Nanggala 402 yang gugur dimedan tugas.

Perumahan Pahlawan Nanggala 402 dibangun dilahan seluas lebih kurang 2 hektar. Pembangunannya dimulai sejak tanggal 23 Agustus 2021 lalu dan ditargetkan selesai 21 Desember 2021. Ada empat tipe rumah yang dibangun. 1 unit rumah tipe 90 yang diperuntukkan bagi perwira tinggi, 7 unit tipe 72 bagi perwira menengah, 10 unit tipe 54 bagi perwira pertama serta 35 unit rumah tipe 45 bagi prajurit bintara, tamtama dan PNS. (Git/Ir/Kominfo).
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url