Advertisement

Miliki Peluang Kerja Sama Bidang Maritim, Pangkoarmada II Hadiri Peresmian Kantor Konsulat Denmark

Senin, 22 November 2021, November 22, 2021 WAT
Last Updated 2021-11-23T01:37:56Z



TNI AL. Koarmada II. Surabaya,- Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P., M.Tr.(Han)  hadiri acara peresmian Kantor Konsulat Denmark di Surabaya, yang berlokasi di Gedung Tanto di Jalan Indrapura No 29-33 Surabaya, pada Minggu (21/11/2021).

Dalam acara tersebut, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga ikut hadir. Sementara dari pihak Konsulat, Menteri Luar Negeri Denmark Jeppe Sebastian Kofod hadir langsung didampingi State Secretary for Foreign of Policy Jesper Moller Sorensen, serta Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Lars Bo Larsen.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita di depan pintu masuk kantor konsulat, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti Consulate Of Denmark Surabaya oleh Menlu Jeppe Sebastian Kofod.

Menurut Gubernur Khofifah ada banyak potensi yang dimiliki Jawa Timur yang bisa digarap bersama dengan Denmark, salah satunya kerja sama di bidang industri perkapalan. Jatim juga memiliki Pelabuhan Tanjung Perak dan Teluk Lamong yang bila digabungkan, membuat Jatim menjadi penopang perdagangan Indonesia.

Senada dengan Gubernur Khofifah, Menlu Denmark berharap agar pembukaan kantor baru tersebut bisa membuka banyak peluang kerja sama, terutama di bidang maritim dan sektor pertahanan. Ada banyak organisasi dan perusahaan asal Denmark yang siap menjajal kerja sama itu, diantaranya Maersk-Sealand, Terma, Odense Maritime Technology, Sky-Watch, Danish Maritime Authorities, dan Naval Team Denmark.

Sementara itu di sisi lain Pangkoarmada II mengapresiasi positif peluang kerja sama bidang maritim maupun sektor pertahanan dengan Denmark. Sebab hal tersebut selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M.,yakni terkait Pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi, dan mempunyai interoperabilitas tinggi.

(Pen2)

berita ViralMore