Advertisement

Libatkan Tiga Unsur Satuan, Puskopaska Gelar Latihan Operasi Pencarian Dan Penyelamatan Gabungan 2021

Senin, 22 November 2021, November 22, 2021 WAT
Last Updated 2021-11-22T15:03:13Z


TNI AL. Koarmada II. Surabaya, - Pusat Komando Pasukan Katak atau Puskopaska menggelar Latihan Operasi Pencarian dan Penyelamatan Gabungan TA 2021, yang resmi dibuka oleh Direktur Operasi Puskopaska Kolonel Laut (P) Johan  Wahyudi mewakili Komandan Puskopaska  Laksma TNI Yudhi Bramantyo Nur Sasongko, di Lobi Gedung Mako Puskopaska  Semampir Ujung Surabaya, pada Senin (22/11/2021).

Mengusung tema "Puskopaska Melaksanakan Latihan Pencarian dan Pertolongan Gabungan Di Perairan Surabaya dan Sekitarnya Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI AL”, Latops Pencarian dan Penyelamatan Gabungan tahun 2021 merupakan tonggak sejarah bagi tiga unsur yang terlibat didalamnya. Yakni Kopaska, Dislambair, dan Satuan Kapal Ranjau.  Sebab selama ini ketiganya selalu bekerja sama dalam berbagai upaya pencarian dan penyelamatan korban kecelakaan laut, yang dipimpin oleh Basarnas, namun tiap unsur belum pernah terlibat satu sama lain dalam suatu latihan.

Karenanya menurut Danpuskopaska dalam amanat tertulisnya mengatakan, dengan pelaksanaan latihan yang  serius, dan motivasi yang tinggi maka diharapkan pembinaan dengan menggabungkan  unsur- unsur KRI,Kopaska dan Dislambair akan tercapai satu  persepsi dan  sinergitas  di dalam tugas pencarian dan penyelamatan. 

Lebih lanjut Danpuskopaska mengungkapkan jika tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan,keterampilan serta profesionalisme seluruh peserta latihan dalam melaksanakan Operasi Pencarian  dan Penyelamatan bila terjadi musibah atau kecelakaan di perairan wilayah Indonesia.

“Sedangkan sasaran yang hendak dicapai yakni diharapkan seluruh peserta latihan mampu dan menguasai serta mahir dalam melaksanakan penyusunan naskah latihan, kemudian merencanakan operasi pada masa krisis. Juga paham akan prosedur pencarian bawah permukaan laut dengan metode Jack Stay, Circle, maupun dengan Hand Held Sonar. Dan mampu melaksanakan dokumentasi bawah air serta prosedur evakuasi medis udara,” terang Laksma Bramantyo.

“Materi-materi tersebut yang akan dilaksanakan dalam latihan agar  kemampuan yang dimiliki oleh unsur-unsur dapat digabungkan sehingga dicapai hasil operasional yang maksimal. Dimana Satuan Kapal Ranjau yang mempunyai peralatan Sound  Navigation and Range (Sonar), Kopaska dan Dislambair yang mempunyai kemampuan melaksanakan Penyelaman diharapkan apabila  digabungkan ketiga kemampuan itu dengan baik maka tugas operasi  Pencarian dan penyelamatan seberat apapun akan dapat dilaksanakn dengan baik dan maksimal, “ tandasnya.

Latops Pencarian dan Penyelamatan Gabungan TA 2021 dijadwalkan digelar selama dua minggu kedepan. Latihan diikuti sebanyak 275 personel gabungan  dari  Satkopaska Koarmada I,Satkopaska Koarmada II,Satkopaska Koarmada III,Dislambair Koarmada II dan Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmada II.

(Pen2)

berita ViralMore