Advertisement

Bintara Otsus Kodim Bojonegoro Dibekali Materi Kebencanaan

Jumat, 10 September 2021, September 10, 2021 WAT
Last Updated 2021-09-10T08:26:51Z


BOJONEGORO, NUSWANTOROPOS.COM -  Dalam rangka peningkatan kemampuan teritorial, Bintara Abit Dikjurba Otsus Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, turut mengikuti aplikasi materi penanggulangan bencana alam. Kegiatan ini dipusatkan di Waduk Grobogan, Desa Bendo, Kecamatan Kapas.

Pembekalan materi penanganan kebencanaan ini dilakukan guna melatih dan menguji kesiapan para personel Bintara Abit Dikjurba Otsus dalam menghadapi bencana alam khususnya bencana banjir.

Perwira Pendamping, Kapten Inf Ratik, mengatakan bahwa pemberian materi kebencanaan dimaksutkan untuk melatih kerjasama para personel Bintara Abit Dikjurba Otsus Kodim 0813 Bojonegoro dalam mengantisipasi bencana banjir baik itu bencana banjir bandang maupun banjir akibat meluapnya sungai.

"Sehingga diharapkan jika sewaktu-waktu bencana banjir benar-benar terjadi mereka sudah siap untuk menghadapinya," ungkapnya, Jum'at (10/9/2021).

Dalam latihan ini, para peserta latihan mendapatkan pembekalan materi kebencanaan seperti tanggap bencana dan simulasi penanganan atau pertolongan pertama pada korban tenggelam.

Di samping itu, latihan ini sekaligus juga diberikan agar para peserta ini bisa bersinergi dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat. Agar masyarakat mengetahui tindakan apa yang harus diperbuat jika bencana alam terjadi diwilayahnya.

"Sehingga ketika terjadi bencana diwilayahnya, masyarakat sudah siap menanggulanginya," pungkas Kapten Inf Ratik.(pen.akm)

berita ViralMore