Dugaan Surat Suara Pemilu 2024 sudah tercoblos



Surabaya,- Nuswantoro pos.com Terkait hebohnya di media sosial para WNI yang berada di Taipei, Ibu Kota Taiwan, di duga sudah mencoblos surat suara Pemilu 2024. Ketua Umum Pijar Nusa Bangsa Agung Budi Utomo SP disela Rakernas mendesak Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari yang telah mengakui peristiwa tersebut dan menyebutnya sebagai kesalahan untuk segera mengganti Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) agar hal tersebut tidak terulang. Dan Surat Suara yang sudah ter-COBLOS itu dimasukkan dalam kategori RUSAK.


Menurut Hasyim, surat suara seharusnya baru dikirimkan ke masing-masing Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN), pada Taipei pada 2-11 Januari 2024. Totalnya mencapai 175.145 surat suara, yang akan dikirim PPLN kepada pemilih. Namun, PPLN di Taipei sudah mendistribusikan surat suara kepada pemilih secara bertahap sejak 18 Desember 2023 dan 25 Desember 2023. Karena kesalahan itu, pihaknya sudah menegur PPLN dan memasukkan surat suara itu dalam kategori rusak dan tidak sah dalam penghitungan suara.

Kejadian tersebut menunjukkan bahwa penyelenggaraan Pemilu RI di Luar Negeri dilakukan secara ceroboh jauh dari profesionalisme. "Kejadian tersebut bisa dikategorikan sebuah pelanggaran Pemilu dan harus segera diusut untuk mengetahui unsur yang menyebabkan kesalahan" tambah Agung.
(AgusPri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url