Sedekah Bumi Wujud rasa syukur Masyarakat Dapet di Petilasan Eyang Ronggo Lawe.




Gresik_Nuswantoropos.com. Sabtu,8/10/2022 Desa Dapet, kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik,sabtu,(8/10/2022), menggelar acara kirab budaya Sedekah Bumi, sebagai tanda syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan Kemakmuran atas hasil panen yang berlimpah ruah serta seluruh masyarakat Desa Dapet dihindarkan dari segala Musibah dan juga untuk mempersatukan warga agar guyup rukun.

" Acara  diselenggarakan di Petilasan Makam Eyang Ronggo lawe. 
 bukan hanya menyelenggarakan Sedekah Bumi namun mereka juga menggelar acara bakti sosial santunan anak yatim.diawali dengan
Kirab tumpeng yang dikawal oleh para punggawa budayawan era jaman Mojopahit, Kirab tumpeng raksasa dan bendera raksasa 100 meter dan lebar 4 meter yang di awali dari balai Desa Dapet menuju ke Makam Eyang Ronggo lawe.



Dalam acara ini Berjalan sangat meriah, iring-iringan masyarakat yang mengikuti acara tersebut yang melewati rute yang dilalui mulai dari kantor Balai Desa Dapet menuju Petilasan makam  Eyang Ronggo lawe. 

'Muspika kecamatan Balongpanggang, Anggota DPRD Gersik Moh. Safik AM, Kades Klotok. Suheri, ST. Kades Ganggang H.Awi, Kades Wahas H.Maskur, Kades Tanah landean Feri Hermansyah dan juga para perangkat Desa serta para Tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat Desa Dapet juga ikut serta hadir memeriyahkan acara tersebut. 

Pada kesempatan tersebut Ketua Panitia , Sandi kepada masyarakat mengucapkan," terimakasih atas kekompakan para warga dan kepada para donatur sehingga tercapainya  sedekah bumi guyub rukun Kerto Harjo. 

Kepala Desa Dapet Bapak Siswadi  Menyampaikan," acara ini diselenggarakan sebagai wujud syukur kepada Allah. SWT atas limpahan rahmat dan nikmat yang diberikan kepada warga desa Dapet. Baik berupa kesehatan atau hasil pertanian yang melimpah. Untuk itu kita wajib mensyukuri nikmat dari Allah SAW tuturnya,"

"Kepala Desa Bapak Siswadi,  juga berharap," Acara sedekah Bumi  Seperti ini bukan hanya sekali saja melainkan secara terus menerus diadakan secara periorit dan akan dijadikan agenda tahunan sehingga dengan adanya bentuk rasa syukur dengan di adakanya sedekah Bumi bisa menjadikan berkah dan manfaat yang bagus buat masyarakat Desa dapet seluruhnya. (Iwan LA)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url