Masa Lalu THR dan Temu Kangen para seniman & Seniwati THR di Surabaya.



Surabaya,- Nuswantoropos.com
Pilu rasanya bertahun-tahun akhirnya bisa terobati yang dirasakan, oleh puluhan seniman yang pernah berkiprah di Taman Hiburan Rakyat (THR) Surabaya bereuni di Halaman Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Surabaya, Jumat (28/10/2022).

Sambil duduk lesehan, mereka saling bertegur sapa dan bercengkerama sembari sekali-kali merasakan rasa pilu,menghadap arah berahadapan,untuk menyaksikan Gedung THR yang digusur beberapa tahun lalu.



Acara masa lalu THR dan Temu Kangen para seniman& Seniwati Seni tradisional THR Suroboyo.yang diprakarsai oleh Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jatim itu dihadiri oleh seniman dari beberapa kesenian.

Seperti Ludruk, Wayang Orang, dan Ketoprak. Bahkan tampak pula Mbah Tohir, salah satu seniman Srimulat yang sering jadi Drakula.

Ketua FPK Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto menjelaskan, reuni ini digelar dengan tujuan memotivasi para seniman untuk tetap berkarya meski sudah tidak di THR lagi.

“Tidak semua seniman ketika keluar dari THR menganggur. Masih ada yang melatih tari, karawitan, dan menyewakan kostum untuk acara-acara kebudayaan,” tutur Ki Bagong.

Namun, Pria yang pernah menggeluti dunia jurnalis ini mengakui, tak sedikit nasib seniman yang berada di titik nadir. Maka itu, pihaknya mencoba membangkitkan motivasi lewat gelaran reuni.

“Kami berharap, selain untuk menyambung tali silahturahmi, kegiatan ini bisa memotivasi para seniman untuk tetap semangat berkarya,” pungkasnya.

Informasi yang didapat dari awak media newswantoropos.com selama reuni, para seniman melakukan pemotongan tumpeng dan kenduri bersama.

Selain itu, juga ada penampilan “Ludruk Garingan”, mengidung, dan melukis wajah para seniman seperti yang dilakukan Mbah Tohir, seniman Srimulat yang kini banyak tinggal di Jogja.

Meimura, salah satu seniman ludruk yang saat itu memberi sambutan sekaligus tampil sebagai tokoh Besut menjelaskan, pihaknya mengapresiasi upaya FPK yang sudah memfasilitasi reuni seniman ini.

“Upaya Forum Pamong Kebudayaan Jawa Timur yang menggelar acara reuni ini sangat kami apresiasi,” ujar tokoh ludruk Jawa Timur ini.

Tak ketinggalan, Tri Broto Wibisono, Budayawan FPK Jatim yang juga Mantan Kepala UPTD THR berharap acara ini bisa berkesinambungan agar tidak terputus tali silahturahmi para seniman. (BYP)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url