Tradisi Labuh Laut Desa Cengkrong di Pantai Cengkrong Kab. Trenggalek




Trenggalek. - Bertepatan dengan kalender tanggal merah hari libur nasional memperingati 1 Muharram 1444 h tahun baru islam 2022, Masyarakat nelayan Pantai Cengkrong Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, sejak pagi hari kawasan Pantai Cengkrong Desa Karanggandu Kecamatan Watulimo sangat ramai dipadati warga sekitar Karanggandu dan wisatawan domestik. Mereka ingin menyaksikan secara langsung momen Tradisi labuh laut di Pantai Cengkrong. Sabtu (30/7/2022)


Labuh laut Pantai Cengkrong ini merupakan tradisi masyarakat sehingga disambut sangat antusias  masyarakat meskipun format acaranya hampir sama dengan labuh laut secara umum seperti halnya di Pantai Prigi beberapa waktu yang lalu. Labuh laut merupakan ungkapan atau wujud syukur nelayan dan keluarganya atas rejeki tangkapan ikan yang melimpah dari Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Tim Labuh Laut menghanyutkan tumpeng raksasa ke tengah laut, dan diiringi dengan berbagai seni tradisional dan parade hias tradisi masyarakat sekitar yang sangat indah dan menarik.

Acara ini di hadiri tokoh masyarakat, forkopimcam, jajaran Polsek dan Koramil, Ketua Panitia Pelaksana Acara Yani, masyarakat sekitar dan wisatawan domestik yang ingin melihat secara langsung tradisi masyarakat yang menarik yang diadakan setiap tahun

Camat menyampaikan, "Acara ini tradisi tahunan warga nelayan pesisir pantai, dan Dinas Pariwisata akan menganggarkan buat acara labuh ini mulai tahun depan," Pungkasnya

Yani Ketua Panitia pelaksana acara menyampaikan, "Harapan dengan kesuksesan terlaksana acara ini panen ikan melimpah," Ujarnya (Arifin)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url