LBH Pers Indonesia Angkat Bicara : BUMN Harus Tegas, Oknum SPBU Biringkanaya Makasar Intimidasi Jurnalis Saat Ambil Gambar Pengisian BBM Ilegal




Makasar,- Nuswantoro Pos.com Persekusi Jurnalis di makasar kembali terjadi pasca mengambil gambar di sebuah SPBU dengan nomor lambung 73.902.01 Biringkanaya makasar sulawesi selatan. Tindakan persekusi dan intimidasi yang menimpa jurnalis dari media Informasi Terkini pada hari sabtu 30 Juli 2022 malam, bermula saat itu sedang mengetahui adanya kejanggalan pengisian BBM bersubsidi jenis solar dalam Jumlah besar yang diangkut dalam mobil Box.


Sebelumnya, mendengar informasi dari salah satu warga yang berinisial N, bahwasannya SPBU Biringkanaya tersebut sering kali melakukan pengisian dalam jumlah besar yang tidak sesuai dengan SOP UU Migas pada umumnya.

Saat jurnalis dari media Informasi Terkini berinisial SUL melakukan pengecekan hingga melakukan investigasi untuk memastikan kebenaran Informasi dari salah satu sumber.Setelah sampai di lokasi, tidak lama kemudian SUL pergi buang Air kecil lewat samping pengisian BBM dan sekaligus melihat langsung  kebenaran dari informasi yang kami terima.

Ternyata benar ada mobil box yang sedang parkir di samping mesin pengisian BBM. Kenapa lama cara pengisianya, Rasa curiga itu muncul mengarah ke mobil box tersebut yang diatasnya ada Gentong atau apakah yang ada didalam, sehingga lama cara isinya, Ungkap SUL.

SUL yang di temani oleh Irfan, Irfan juga curiga,maka dari itu Irfan juga melihat langsung pengisian mobil box tersebut.Tak lama kemudian keduanya duduk santai di pinggir jalan tidak jauh dari pinggir jalan poros dalam hal ini jauh dari mesin pengisian BBM.

Saya akhirnya bertanya kepada salah satu orang, saya tidak tau bahwa dia adalah pihak SPBU. Dari tadi saya duduk disini, kenapa itu Mobil Box disana lama sekali cara pengisianya.?? Jawab bapak tersebut (Andi),"Saya tidak tahu pak" singkatnya sambil main Hp.

Selanjutnya saya berdiri Memotret Papan Nomor SPBU Biringkanaya yang tidak jauh dari pinggir jalan raya, tiba -tiba Andi selaku pihak SPBU (red) merampas HP saya dan menghapus file hingga memeluk saya dari belakang seperti hal orang "Pencuri " Menarik saya secara Paksa keruangan Yang ada di SPBU itu," Paparnya Sul.

ketika dalam ruangan dirinya Sul dan irfan mendapat intimidasi sejumlah karyawan yang berbaju hitam,"Kalau mau uang bilang" ucap salah satu lelaki yang mengaku dirinya yang punya mobil yang di isi BBM tersebut.

Meskipun sudah memperlihatkan identitas saya dari media informasi terkini, akan tetapi Andi pihak spbu mengatakan, "Saya juga wartawan, Jangan Ganggu piring saya disini," ujarnya sul menirukan ucapan Andi.

Menanggapi hal ini, Lembaga Bantuan Hukum Pers Indonesia Bung Adi Utomo, Sh angkat bicara terkait hal ini, Dirinya menyesalkan tindakan yang dilakukan pihak pertamina sudah jelas mencoreng nama baik marwah BUMN, apalagi sampai mengintimidasi jurnalis.

" BUMN pertamina harus lebih tegas menertibkan SPBU yang telah melakukan pelanggaran," Tegas Bung Adi, Minggu (31/7/2022)

Ia juga menambahkan, bahwa kejadian itu telah melukai hati insan pers yang selama ini di lindungi uud pers nomor 40 tahun 1999 tentang pers, dalam menjalankan tugasnya," Imbuhnya.  Bersambung..? (Fix)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url