Melestarikan adat Nenek Moyang Kirap Deso Sedekah Bumi Di wilayah Gresik


Gresik,- NuswantoroPos.com
Ruat desa atau Sedekah Bumi dan kirab budaya ini merupakan warisan peninggalan dari nenek Moyang terdahulu yang tidak bisa di hilangkan begitu saja , untuk tahun 2022 ini berbeda dengan yang lain nya pasalnya Sedekah Bumi dan do,a bersama ini bertepatan masih di bulan syawal 1443 H.


"Hampir tiap Tahun kirab Budaya seperti ini di laksanakan oleh warga Tanggulangin, kirab Budaya ini dengan mengarak keliling Kampung Tumpeng Raksasa yang terbuat dari bahan bahan hasil dari Pertanian.

"Kegiatan semacam ini di laksanakan merupakan sujud sukur kepada Allah SWT karena hasil dari Pertanian warga Tanggulangin melimpah ruah gema lipah lohjinawi.

"arak arakan tumpeng keliling kampung, juga di laksanakan.dilanjutkan dengan Istiqhosah dan berdoa bersama dengan warga di
Dusun Tanggulangin.Desa Ganggang.Kecamatan.Balongoanggang.kabupaten Gresik.

Dalam acara ini di hadiri oleh muspika balongpanggang , pemerintahan desa Ganggang, Kepala desa Ganggang Awi , Rt , Rw, BPD , tokoh agama , serta tokoh masyrakat.

"Kepala dusun Tanggulangin Maskur mengatakan",terima kasih atas partisipasi dan dukungan masyarakat ,serta kerja kerasnya, baik berupa tenaga dan pikiran sehingga acara ini berjalan dengan baik", tuturnya.

Semoga tradisi seperti ini bisa di lestarikan oleh generasi selanjutnya agar anak cucu kita tetap bisa menjunjung tinggi adat budaya tanah jawa.
@ iwan LA
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url