LURAH BABAT AJAK WARGA TEBAR IKAN GUNA MOTIFASI WARGA AGAR PEDULI LINGKUNGAN



Lamongan - Nuswantoro Pos.com Sabtu 26/03/2022.Kelurahan Babat Kecamatan Babat memang rentan terhadap banjir dan sampah, hal itulah yang menggerakkan hati nurani Moh. Faris Hasbi, S.I.P selaku lurah baru di Kelurahan Babat mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungannya.

Lurah yang definitif per 3 Januari 2022 ini, mempunyai gagasan serta innovasi untuk mengajak warga peduli terhadap lingkungan. Kali ini Lurah Faris mempunyai innovasi mengajak masyarakat Babat peduli terhadap banjir dan sampah, dengan membersihkan sampah di gorong-gorong yang berada di wilayah Dusun Sawo dan Dusun Gilang.


"Saluran air Gorong gorong yang ada di sekitar Kelurahan Babat sepanjang kurang lebih 100 meter, ditebar ikan untuk diadakan acara mancing mania. Dengan tiket sebesar Rp. 5 ribu rupiah dan dengan persyaratan satu peserta satu kail, dan diperbolehkan mancing sepuasnya.

Masyarakat sangat antusias. selain untuk menambah keakraban terhadap sesama warga, juga sebagai sarana hiburan. Seperti halnya yang disampaikan salah satu warga saat dimintai keterangan Jurnalis menuturkan, "Saya sangat senang dengan acara mancing mania yang digagas Pak Lurah Babat, selain sebagai ajang kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, seperti ini, gorong-gorong dibersihkan dari sampah sehingga bisa dipakai kolam pemancingan warga. Juga dengan kegiatan mancing mania ini masyarakat sedikit ada hiburan," ujar warga kepada jurnalis.

Kegiatan bertajuk "Mancing Bergembira Bersama Kaliber (Kali Bersih)" yang digagas Lurah Faris, memang suatu kegiatan baru untuk masyarakat Kelurahan Babat akan kesadaran pentingnya kebersihan kali, selain bebas dari sampah, juga mengantisipasi terjadinya banjir akibat tersumbat oleh sampah.

Seperti halnya yang disampaikan Lurah Faris kepada Jurnalis, "Mungkin kegiatan ini adalah kali pertama di Kelurahan Babat setelah saya menjabat definitif di Kelurahan Babat. Dengan membersihkan gorong-gorong dan kita tebar sejumlah ikan agar dapat dipancingi oleh warga, disini selipkan pesan akan pentingnya kali bersih, dan juga kita membagi hadiah undian sesuai dengan nomor tiket yang keluar saat diundi," tutup Lurah jebolan STPDN ini. (Yon/Gn/iwn)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url