Kampung Pancasila Kodim Tipe A 0831/Surabaya Timur



Surabaya,- Nuswantoro Pos.com Kodim Tipe A 0831/Surabaya Timur  memliki  Kampung Pancasila di tiap-tiap Kecamatan di Surabaya Timur sebagai upaya menumbuhkan sikap dan menanamkan nilai-nilai Pancasila di hati setiap warga negara. Salah Satunya yang terlukis kali ini  ialah dikampung pancasila dikawasan Rungkut tepatnya di Perumahan wisma Kedung Wsem RW 05Kelurahan Kedung Baruk  Kecamatan  Rungkut Rungkut Surabaya.

Kampung tersebut merupakan wujud toleransi yang ada Kelurahan Kedung Baruk Kecamatan Rungkut Surabaya. Sangat cocok untuk menjadi contoh sebagai kampung Pancasila, sebab diwilayah ini sosial masyarakatnya sangat beragam, mulai penganut agama ada Islam dan dan agama yang  lainya , suku dan adat istiadat dapat hidup rukun dan saling bertoleransi.


Kasdim Tipe A 0831/Surabaya Timur ,Letkol Inf Drs Chusnul Chuluk  Kegiatan dikampung pancasila ini  bukan indoktrinasi melalui penataran atau pelajaran, melainkan lebih kepada aktifitas keseharian . Misalnya kegiatan budaya ,agama sosial yang sesuai dengan nilai nilai  Pancasila.

"Dengan adanya Kampung Pancasila, harapannya warga masyarakat lebih  bisa menghayati serta pengamalan Pancasila, dan ini juga dapat menjadi contoh untuk kampung lain dalam kerukunan beragama dan bertoleransi. Yang selama ini mungkin sudah terbangun bersama, sehingga dapat menjadi contoh bagi kampung dan Kelurahan yang lain",ujarnya.

"Untuk itu mari kita jaga kedaulatan NKRI secara bersama jangan sampai kita dipecah belah, oleh karena itu mari kita semua melestarikan nilai nilai pancasila "tegas Kasdim.

Sementara itu, Ketua RW perumahan wisma kedung asem Kelurahan kedung Baruk Didik Edi Susilo Kegiatan yang ada di Kampung Pancasila di dasari pada nilai-nilai Pancasila, antara lain sikap dari nilai-nilai religius ber- Ketuhanan Yang Maha Esa sebagaimana penjabaran Sila Pertama, Nilai Kemanusiaan yang adil dan beradab, Nilai-nilai menjaga persatuan dan kesatuan, Nilai kerakyatan yang terpimpin dan menjunjung musyawarah atau permusyawaratan, serta Berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Kami siap untuk mendukung Kampung Pancasila. Saya beraama warga  perumahan setiap harinya sudah menerapkan nilai nilai pancasila diantaranya melakukan kegiatan gotong royong, adat istiadat, toleransi beragama dijunjung tinggi,” ungkapnya.(Burhan)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url