Selama Nataru, Polres Jombang Amankan 86 Gereja



Jombang, Jelang peringatan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, Polres Jombang melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2021 yang diikuti oleh personel gabungan dari Kodim 0814 Jombang, Polres Jombang, Satpol PP, Dishub, BPBD, dan Ormas terdiri-dari Banser, Senkom mitra Polri, RAPI serta ORARI. 

Apel gelar pasukan di Mapolres Jombang itu dipimpin Wakil Bupati Jombang Sumrambah yang didampingi Kapolres Jombang AKBP Moh. Nurhidayat dan Dandim 0814 Jombang, Letkol Inf Muhammad Hanafi, Kamis (23/12/2021).

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, melalui amanatnya yang dibacakan Wakil bupati Sumrambah, menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2021diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

Bahwa apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal 25 Desember  2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana. Serta, keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra Kamtibmas lainnya," kata Sumrambah yang mengutip sambutan Kapolri.

Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah. Dan, perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian.

"Peningkatan aktivitas masyarakat itu, tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar Lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19, jelasnya.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 selama 10 hari mulai 24 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022. Operasi Lilin 2021 dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

"Tentunya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran COVID-19. Sehingga, masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman," kata Sumrambah.

Usai kegiatan apel gelar pasukan dilanjutkan dengan penyerahan sepeda motor dinas pelayanan masyarakat sebanyak 15 unit yang diterima secara simbolis oleh Kapolsek Kesamben Iptu Nunung Damayanti dan Kepala SPKT Ipda M. Ubaidillah.

Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat mengatakaan, anggota Polres Jombang telah siap untuk mengamankan kegiatan ibadah Natal dan tahun baru di wilayah kabupaten Jombang dengan jumlah 500 personel.

"Personel kita sebar di sejumlah titik, di antaranya di 86 gereja di Jombang yang akan melaksanakan ibadah Natal," kata AKBP Moh Nurhidayat kepada wartawan usai apel gelar pasukan.

Kapolres pun mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditentukan oleh pemerintah di masa pandemi. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas.

"Dengan masyarakat menerapkan prokes ketat, mudah-mudahan Covid-19 varian baru omicron tidak sampai masuk ke Jombang," pungkas Kapolres Jombang.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url