Kapolres Lumajang Sebar 1000 Pasukan Pengamanan Pilkades di Lumajang



Lumajang,- Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si. mulai menyebar lebih dari 1000 personel di seluruh Desa yang melaksanakan pilkades di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
Penempatan personel itu, ditujukan untuk melakukan pengamanan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa yang dilakukan secara serentak di 32 Desa yang ada di 15 Kecamatan.

Selain melibatkan 949 aparat Kepolisian, pengamanan Pilkades itu nantinya juga di back-up beberapa unsur keamanan lainnya, termasuk diantaranya aparat dari TNI, khususnya Kodim 0821/Lumajang dan Yonif 527/BY.

“Beberapa minggu ini, kita banyak melakukan pengamanan Pilkades. Tidak hanya di Lumajang, tapi di Bondowoso, Jember, Banyuwangi, Sumenep, Probolinggo, dan Tulungagung. Alhamdulillah, aman, tertib dan terkendali,” ujar Kapolres dalam apel Pengamanan Pilkades yang digelar di Alun-Alun Kabupaten Lumajang. Rabu, 01 Desember 2021 pagi.

Ia mengatakan, pelaksanaan Pilkades yang aman dan tertib di beberapa daerah itu, harus dijadikan motivasi bagi masyarakat untuk bisa menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. 

“949 personel Polri ditambah dari unsur TNI yakni Kodim 0821 dan Yonif 527 Lumajang, sehingga jumlahnya lebih dari seribu personel kami kerahkan. Semua ingin, Pilkades di Lumajang seperti wilayah lain, aman, tertib, lancar dan terkendali,” Ulas Kapolres.

Dirinya mengungkapkan jika selama kurun waktu 3 hari, seluruh personelnya bakal melakukan pengamanan secara all out. Bahkan, ia pun sudah melakukan pemetaan terhadap beberapa tugas dan tanggung jawab yang nantinya harus dilakukan oleh seluruh personelnya. “Ada 2 tugas. 70 persen pengamanan, dan 30 persen adalah patroli,” tegasnya.

Selain pengamanan Pilkades, Kapolres mengungkapkan jika personel pengamanan yang nantinya disebar di beberapa TPS itu, diharuskan untuk bisa memahami kondisi dari masing-masing lokasi pengamanan. Bukan tanpa sebab, arahan itu ditegaskan oleh Kapolres sesuai dengan adanya letak dan kondisi geografis di Kabupaten Lumajang saat ini.

“Pergeseran pasukan ke TPS, sudah diatur sedemikian rupa. Pergeseran, disesuaikan dengan letak dan kondisi geografis. Apalagi sekarang musim penghujan. Beberapa wilayah juga rawan bencana, terutama tanah longsor. Bila perlu malam ini bergerak, ya harus bergerak,” ucapnya.

Bukan hanya membahas soal pengamanan Pilkades saja. Namun, dalam apel itu ia juga menginstruksikan personelnya untuk bisa meningkatkan upaya capaian vaksinasi di setiap Desa.

“Jadi, manfaatkan warga yang berkumpul di Balai Desa juga, untuk kita himpun untuk mengikuti vaksinasi. Sebab, instruksi dari bapak Presiden, vaksinasi ini harus berjalan maksimal, khususnya di Lumajang,” pinta Kapolres.

Kapolres juga berpesan agar seluruh personel yang terlibat memberikan pemahaman dan tidak bosan mengingatkan kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin dalam pelaksanaan pilkades kali ini. (Oborlmj)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url