Advertisement

20.000 Dosis Tercapai, Koarmada II Tambah 10.000 Dosis Lagi Dalam Serbuan Vaksinasi Maritim Di Kabupaten Trenggalek

Rabu, 08 Desember 2021, Desember 08, 2021 WAT
Last Updated 2021-12-09T06:37:39Z



TNI AL. Koarmada II. Surabaya, - Melihat tingginya animo masyarakat Trenggalek mengikuti vaksinasi, TNI Angkatan Laut melalui Koarmada II menambah lagi 10.000 dosis vaksin sehingga total 30.000 dosis digelontorkan dalam Serbuan Vaksinasi Maritim Koarmada II di Kabupaten Trenggalek.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) sewaktu meninjau pelaksanaan vaksinasi yang terpusat di Pasan Pon Trenggalek, Kamis (9/12/2021). Saat meninjau, Bupati Trenggalek H. Mochamad Nur Arifin atau yang akrab disapa Gus Ipin, ikut mendampingi Pangkoarmada II. Selain itu ikut hadir Kajari Trenggalek, Wakil Ketua DPRD Trenggalek. Sedangkan dari Koarmada II tampak hadir Aslog Pangkoarmada II, Aspotmar Pangkoarmada II, Kadiskes dan Kadispen Koarmada II,juga Komandan Satgas Servak Maritim Trenggalek, Kolonel Laut (P) Maman Nurachman.

Lebih lanjut Pangkoarmada II mengatakan jika selama kurang lebih empat hari dengan hari ini, target awal sebanyak  20.000 dosis vaksin dapat tercapai. “ Insya Allah 30.000 dosis vaksin yang kita siapkan nanti akan bisa  dihabiskan dalam satu dua hari ke depan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kekebalan komunal di kabupaten Trenggalek yang saat ini untuk dosis pertama, kekebalannya telah mencapai 64%. Dengan adanya tambahan dosis sekitar 30 ribu ini, diharapkan bisa mencapai 70 %,” terang Laksda Iwan.

Sehingga menurut Laksda Iwan, bila kekebalan komunal atau herd immunity kabupaten Trenggalek telah mencapai target 70 % maka masyarakat bisa kembali lagi melaksanakan aktivitas secara normal dengan tetap mengikuti aturan kehidupan normal yang baru. Ia juga menyampaikan pesan dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yang berharap kepada masyarakat agar tetap menjaga imunitas mereka meskipun telah mendapatkan vaksinasi lengkap dosis 1 dan 2, dengan menerapkan  protokol kesehatan Covid-19 utamanya Menggunakan Masker.

Serbuan vaksinasi maritim di Trenggalek ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan oleh TNI AL Koarmada II. sebelumnya dilaksanakan kegiatan yang sama di akhir Agustus 2021 dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Trenggalek ke-827 yang terpusat di Stadion Menak Sopal.Dan kali ini bertepatan dengan peringatan Hari Armada Republik Indonesia tahun 2021,pada tanggal 5 Desember 2021 lalu, dimana pelaksanaan peringatan terpusat di Koarmada II Surabaya.

Selain terpusat di Pasar Pon, servak maritim juga tersebar di 22 puskesmas yang tersebar di 14 Kecamatan di wilayah Trenggalek sejak tanggal 6-9 Desember 2021. Inilah yang menyebabkan target awal 20 ribu dosis mampu terselesaikan dengan cepat.

“Serbuan vaksinasi di Trenggalek ini sekaligus merupakan aglomerasi vaksinasi bersamaan dengan Kabupaten Tulungagung. Jadi tanggal 8-9 Desember 2021 Koarmada II juga melaksanakan vaksinasi di Tulungagung, sebanyak 15.000 dosis disiapkan . Dan kurang lebih sama dengan di Trenggalek, ada yang tersebar dan terpusat. Di Tulungagung nanti terpusat di GOR Lembu Peteng,” tandas Laksda Iwan.

Tidak ketinggalan dalam kesempatan tersebut Laksda Iwan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Trenggalek dan seluruh jajarannya, atas kerjasama yang terlaksana untuk mewujudkan cita-cita bersama sebagai kunci keberhasilan dalam melawan Covid-19.

(Pen2)

berita ViralMore