Advertisement

Polsek Bringin Koordinasi Antisipasi Luapan Waduk Sangiran dan Pondok dengan Pihak Terkait

Senin, 15 November 2021, November 15, 2021 WAT
Last Updated 2021-11-16T07:30:50Z


Ngawi, Untuk mengantisipasi penuhnya daya tampung Waduk Sangiran dan Waduk Pondok di musim penghujan, Kepolisian Sektor Bringin, Resor Ngawi lakukan koordinasi dengan pihak terkait.

Koordinasi dipimpin langsung oleh Kapolsek Bringin AKP Suparman dengan pihak pengurus waduk di wilayah Kecamatan Bringin pada Selasa, 16 Nov 2021 puk 09.00 WIB di kantor bendungan Pondok di Desa Sumberbening, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi.

Ditemui AKP Suparman mengatakan, dari hasil koordinasi, untuk waduk Sangiran yang terletak di wilayah Desa Gandong, Dampit, Suruh dan Kenongorejo diketahui bahwa kapasitas waduk 10 juta kubik.

Dimana menurut AKP Suparman, setiap penghujan paling tinggi naik 10 cm dengan 
elevasi bawah 7000 meter kubik dan elavasi teringgi 10 juta kubik sementara luas waduk 160 Ha. Saat ini ketinggian air menuju penuh masih 9 meter.

"Saat ini waduk dalam kondisi pengisian karena merupakan tadah hujan dimana waduk digunakan untuk mengairi lahan pertanian di wilayah Kecamatan Bringin dan Kecamatan Pangkur," ujar AKP Suparman.

Sedang untuk waduk Pondok di wilayah Desa Sumberbening, Kecamatan Bringin AKP Suparman menyebutkan, kapasitas waduk 28,14 juta kubik dimana setiap penghujan paling tinggi naik 50 cm dengan elevasi bawah 5 juta meter kubik dan elavasi teringgi 28 juta meter kubik. Luas waduk 300 Ha.

Lebih lanjut AKP Suparman menjelaskan, saat ini ketinggian air menuju penuh masih 11 meter. Waduk dalam kondisi pengisian karena merupakan tadah hujan yang digunakan untuk mengairi lahan pertanian di wilayah Kecamatan Bringin dan Kecamatan Padas.

"Saat ini kondisi masih dalam keadaan aman  (normal) dan waduk belum ada kenaikan debit air secara signifikan, untuk waduk Sangiran masih 9 meter menuju penuh dan waduk Pondok masih 11 meter menuju penuh," terang AKP Suparman.

berita ViralMore