Advertisement

Di Kedalaman 33 Feet, Kadislambair Koarmada II Disematkan Brevet Penyelam TNI AL

Jumat, 12 November 2021, November 12, 2021 WAT
Last Updated 2021-11-13T07:37:24Z



TNI AL. Koarmada II. Surabaya, Genap sebulan menjabat Kepala Dinas penyelamatan Bawah Air (Kadislambair) Koarmada II, Kolonel Laut (T) Sugeng Priono, S.E.,M.M., resmi mendapatkan Tanda kehormatan Brevet Penyelam TNI AL. Brevet disematkan oleh para penyelam handal TNI AL di Monumen Underwater Navy Diver yang berada di Pasir Putih Situbondo, pada Kamis (11/11/2021).

Sebelum disematkan Tanda Kehormatan Brevet Penyelam, Kadislambair harus melewati serangkaian prosesi yang tidak mudah. Saat tiba di titik lokasi menggunakan dua unit rubber boat Dislambair Koarmada II, Kolonel Sugeng segera melaksanakan penyelaman kerja Underwater Light Recovery atau Pekerjaan Bawah Air Ringan.  Yakni simulasi dimana Kadislambair harus turun menyelam ke kedalaman 33 feet atau sekitar 10 meter tanpa menggunakan fins, di sekitar Monumen Under Water Navy Diver.

Kemudian melakukan pencarian Objek Flenge (Pipa Sambungan Baja) lalu membongkar objek tersebut dengan peralatan yang dibawa. Dalam tahap ini Kadislambair harus bisa mengeluarkan Pin Brevet yang ada di dalam pipa tersebut.Setelah berupaya keras,  Pin berhasil dikeluarkan dan diserahkan kepada perwira pendamping penyelaman. Sejurus kemudian Pin tersebut resmi disematkan sebagai Tanda Kehormatan Brevet Lumba-Lumba Penyelam TNI AL kepada Kolonel Sugeng oleh Mayor Laut (T) Eko Wahyu selaku Perwira Pendamping.

Usai Penyelaman dan Penyematan, Kadislambair dan para penyelam pendamping segera naik ke permukaan dan menuju bibir Pantai Pasir Putih, untuk  selanjutnya melaksanakan pembacaan Piagam Penyelam TNI AL. Prosesi penyematan  ditutup dengan lagu Mars Penyelam TNI AL diiringi tepuk tangan seluruh Prajurit Penyelam Dislambair Koarmada II, yang  menandakan jika seluruh tahapan rangkaian Penyematan Tanda Kehormatan sudah selesai  dilaksanakan dengan aman dan sukses.


(Pen2)

berita ViralMore