593 Siswa Kodiklatal Laksanakan Lattek Layar Gabungan Wira Jala Yudha XIV/2021



Kodiklatal Surabaya, Nuswantoro Pos.com - Sebanyak 593 prajurit siswa yang sedang menempuh pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan laut (Kodiklatal) melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Layar Gabungan Wira Jala Yudha XIV/2021. Lattek layar Gabungan yang akan dilaksanakan hingga tanggal 14 November tersebut dilepas Wakil Komandan (Wadan) Kodiklatal Laksamana Muda TNI Agus Hariadi di dermaga Madura Ujung Koarmada II Surabaya, Senin, (8/11/2021).

Bertindak sebagai Direktur Latihan (Dirlat) Lattek Layar Wira Jala Yudha XIV/2021 Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S.Sos yang sehari harinya menjabat Komandan Pusat Pendidikan Pelaut (Pusdikpel) Kodikopsla Kodiklatal, sedangkan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) dijabat Komandan Sekolah Artileri (Danseart)Pusdikpel Kodiklatal.
Dalam pelaksanaan Lattek Layar ini melibatkan Unsur KRI Kormada II yaitu KRI Surabaya 516. Adapun kedua KRI ini merupakan Jenis Kapal Amfibi yang berada dibawah Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada II. Sedangkan Route yang akan dilalui antara lain Surabaya-Tanjung Jangkar-Kotabaru –Surabaya.  

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto dalam amanat yang dibacakan Wadan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Agus Hariadi menyampaikan bahwa Lattek layar Gabungan Wira Jala Yudha X/2019 yang akan dilaksanakan selama satu minggu tersebut merupakan program pendidikan yang sangat penting bertujuan untuk mengenalkan para siswa tentang kehidupan, tugas-tugas dan tanggung jawab di KRI sesuai dengan kejuruan dan kepangkatannya.

Selain itu sebagai sarana untuk mengaplikasikan berbagai teori dikelas seperti embarkasi dan debarkasi, peran persiapan kapal berlayar dan bertempur, peran peran di KRI serta PUDD khas TNI AL. Bagi siswa Korps Marinir dalam pelayaran ini akan menerima pengetahuan tentang tahapan persiapan operasi Amphibi pendaratan di pantai Tanjung Jangkar Asembagus Situbondo Jawa Timur.

Pada saat sandar di Kotabaru para siswa akan mendapatkan bekal pengetahuan jaga darat dan kegiatan bhakti sosial,  olah raga bersama, pembersihan pantai dan sungai, serta promosi ke sekolah-sekolah tentang penerimaan prajurit matra laut.

Mengingat pentingnya kegiatan Lattek ini diharapkan para siswa mengikuti Lattek dengan sungguh-sungguh, semangat tinggi dan berperan aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan dengan memperhatikan segala petunjuk dan bimbingan dari para instruktur.

Tampak hadir dalam pelepasan tersebut para Kas Koarmada II, Direktur Pendidikan Kodiklatal, para Komandan Kodik, para Komandan Pusdik dan para Komandan Sekolah di jajaran Kodiklatal .
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url