Advertisement

Tingkatkan Herd Immunity Masyarakat di Wilayah Aglomerasi, Koarmada II dan Dinkes Sidoarjo Siapkan 25.000 Dosis

Sabtu, 02 Oktober 2021, Oktober 02, 2021 WAT
Last Updated 2021-10-02T08:08:40Z

Sidoarjo,- Nuswantoro Pos.com Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan IsnurwantoS.H.,M.A.P,M.Tr.(Han) dan didampingi oleh Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor Ali, meninjau langsung pelaksanaan Serbuan Vaksinasi di Sidoarjo, kamis (30/09) 
Guna mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi demi tercapainya Kekebalan Kelompok ( Herd immunity ) seluruh masyarakat Indonesia, serta lekas pulihnya perekonomian nasional maka TNI Angkatan Laut dalam hal ini Koarmada II menggelar Serbuan Vaksinasi di wilayah aglomerasi yakni kesatuan wilayah dari sejumlah daerah di Jawa Timur yang terdiri dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Bangkalan.  Untuk di wilayah Sidoarjo, Koarmada Il bersama pemerintah kabupaten setempat menyelenggarakan Serbuan Vaksinasi pada hari Kamis dan Jumat, tanggal 30 September 1 Oktober 2021. Koarmada II dalam kesempatan ini mendukung sebanyak 10.000 dosis vaksin Sinovac, sedangkan Dinas Kesehatan Sidoarjo mendukung 15.000 dosis sehingga totalnya ada 25.000 dosis vaksin yang disiapkan. 25.000 dosis vaksin tersebut siap disebar serentak di 10 titik lokasi di wilayah Kabupaten Sidoarjo, sehingga setiap titik ditargetkan 2.500 dosis mampu dihabiskan. Namun dari 10 titik tersebut, ada dua lokasi yang menjadi pusat lokasi vaksinasi yakni Balai Desa Tropodo dan Lapangan Wage. Demi kelancaran vaksinasi, TNI AL bersinergi dengan kabupaten Sidoarjo menerjunkan 100 personel Kesehatan, 50 personel Entry Data, ambulance 1 unit, dan perlengkapan pendukung lainnya.

Menurut Pangkoarmada II,”kegiatan Serbuan Vaksinasi ini adalah perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNi Yudo Margono, S.E..M.M., kepada seluruh jajaran TNI AL dari Sabang hingga Merauke untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid 19, dan juga percepatan pemulihan ekonomi nasional.”

Pangkoarmada II menyampaikan,”bahwa TNI AL dalam membantu pemerintah menanggulangi Covid 19 selama ini telah melaksanakan dan berupaya konsisten untuk terus melaksanakan Program Prioritas Penanggulangan Covid-19.” ujarnya. Diantaranya melaksanakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim, menyediakan ruang tambahan perawatan baik di RSAL maupun memanfaatkan gedung yang ada, dukungan oksigen medis melalui Posko. Bantuan Oksigen, serta sumbangan darah dengan melaksanakan donor darah konvalensen dan regular.


Semua program tersebut dilaksanakan dengan mengerahkan seluruh sumber daya atau sarana prasarana yang dimiliki setiap jajaran TNI AL.

Pada bagian lain Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,.M.Tr.(Han) mengungkapkan, Koarmada II selama ini telah menjalin kerjasama dengan sejumlah pemerintah kabupaten/kota untuk memberikan vaksinasi gratis tahap ke-1 maupun ke-2, kepada masyarakat di pulau pulau terpencil, daerah pesisir, dan perkotaan seperti Pulau Sapeken, Pulau Bawean, Kabupaten Lamongan, Bangkalan, kemudian Kota Surabaya dan Malang Raya.

Selanjutnya dilanjutkan dengan Kabupaten Tegal, Trenggalek, dan Kediri. Selain itu Koarmada II juga telah berkontribusi memperkuat imunitas tubuh para pekerja pelabuhan dan sektor maritim di Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelindo 3, kemudian para pekerja pabrik hingga pekerja media. 

Sementara itu untuk memperlancar proses vaksinasi, telah disiapkan alur atau prosedur yang harus diikuti oleh seluruh peserta vaksin. Diawali dengan Registrasi saat peserta datang, sebagai filter awal persyaratan Vaksin. 

Kemudian Screening sebagai kegiatan filter lanjutan oleh tenaga kesehatan, berikutnya Vaksinasi , dan terakhir Entry. Data yaitu pengisian data warga yang telah di vaksin oleh tim dari Pemkab Sidoarjo dan TNI AL yang berlokasi di Balai Desa Tropodo, dan lokasi vaksinasi lainnya. (Red)

berita ViralMore