Untuk Refleksi Hari Kebangkitan Nasional Penggiat Budaya Kediri akan Gelar Acara Do'a Lintas Agama dan Porak Tumpeng



Kediri,- Nuswantoro pos.com Di Era Digitalisasi saat ini perkembangan teknologi semakin canggih, kemudahan akses informasi ikut serta membawa perubahan terhadap kebudayaan Nusantara.Manusia saat ini banyak yang meninggalkan gaya hidup Tradisional menuju gaya hidup modern,tak pelak budaya-budaya warisan leluhur mulai tergerus oleh zaman. Tak terkecuali di negara Tercinta ini, Masyarakat Indonesia saat ini banyak terkontaminasi oleh budaya-budaya luar negeri, sehingga sudah jarang ditemukan budaya-budaya nusantara yang adi luhung warisan leluhur yang masih terjaga dengan baik oleh generasi penerusnya. Indonesia patut mencontoh negara Jepang. Jepang adalah negara maju yang terkenal dengan kemajuan teknologinya. Namun, masyarakat jepang masih menjunjung tinggi nilai-nilai budayanya.


Indonesia adalah negara kepulauan yang juga dikenal sebagai Nusantara. Negara yang kaya akan budaya, bahasa, tradisi, suku, ras dan agama, banyak perbedaan namun tetap satu sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yaitu “berbeda-beda tetapi tetap satu jua”. Dengan kebudayaan yang beragam, patutlah generasi muda Bangsa ini  merasa bangga sehingga timbul rasa cinta untuk menjaga dan melestarikan budaya Nusantara.

Di Kediri kini telah memulai menggaungkan untuk menjaga dan melestarikan budaya Nusantara yang sekarang sudah terkikis oleh zaman, di mulai dari menghidupkan kembali tata cara menghormati warisan leluhur Jawa,dengan menggelar acara Ritual Larung sesaji,Tanam pohon dan do'a lintas agama, acara yang di gelar para penggiat budaya Jawa ini diharapkan dapat menghidupkan kembali nilai nilai luhur bangsa Indonesia yang penuh keragaman budaya.

Ada begitu banyak cara untuk menjaga Budaya Nusantara agar tetap lestari dan dikenal oleh generasi selanjutnya. Namun yang terpenting adalah Para generasi muda harus punya rasa cinta terhadap Budaya Nusantara. Dengan adanya rasa cinta, maka akan timbul sikap untuk menjaga kebudayaan tersebut. Digitalisasi adalah tantangan terbesar yang dihadapi oleh generasi penerus bangsa saat ini dalam hal melestarikan Budaya Nusantara. Oleh sebab itu, marilah kita sama-sama menjaga kebudayaan itu sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kita terhadap leluhur.

Momentum hari kebangkitan Nasional yang akan digelar oleh Warga Desa bersama Penggiat budaya di Wahana wisata Sumber Kendung Merang desa Bendo Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri pada Minggu 19 Mei 2024 Dengan Tema "Bangkitlah Bangsaku Bangkitlah Budyaku" ini menjadi aksi kesadaran dan kebijaksanaan penggiat budaya Nusantara ,untuk mengembalikan lestarinya ekosistem alam , budaya Gotong Royong dan Guyup Rukun isi semesta raya .

Pada moment ini para penggiat budaya bersama warga bendo pagu akan menggelar kerja bakti dan acara kebudayaan yang di isi dengan Do'a Lintas Agama,Porak Tumpeng ,pagelaran seni budaya,Larung sesaji,lepas ikan dan menanam pohon juga Jagong budaya sebagai bentuk kelestarian budaya Nusantara yang sudah semakin punah.(Rgl/Red)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url