Prosesi pengambilan Tirta Yatra Hari Jadi Kabupaten Kediri ke 1220 thn


Kediri,- Nuswantoro pos.com Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri bersama Dinas Kesenian Kebudayaan Kabupaten Kediri (DK4) mengadakan prosesi pengambilan Tirta Yatra (Air suci ) di Sendang Tirto Kamandanu desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri dengan di dampingi oleh Camat Pagu, perangkat desa Menang Jum'at (8. Maret. 2024)

Kapolsek Pagu beserta jajaran 3pilar dari Desa Menang juga melibatkan Juru kunci Sendang Tirto Kamandanu dan di hadiri oleh masyarakat desa setempat.


Dalam prosesi yang di pimpin oleh Tokoh adat setempat bersama petugas Disparbud.Kabupaten Kediri yang di wakili oleh Ketua DK4 Dekky Susanto ini berjalan dengan Khidmat,Pengambilan Air suci ini sangat sakral dengan di iringi oleh gemelan gamelan tradisional Jawa yang membuat suasana prosesi menjadi sangat sakral
di lansir oleh Media Nuswantoro pos Dekky menuturkan "Acara prosesi pengambilan Tirta Yatra ini akan di adakan setiap tahun untuk sesuci dalam acara peringatan hari jadi Kabupaten Kediri.
Harapan dari Ketua DK4 sendiri agar kegiatan budaya seperti ini dapat di lestarikan sampai ke generasi muda selanjutnya," imbuhnya

Dengan menjunjung nilai nilai luhur adat budaya di Tanah Jawa khusunya di Kabupaten Kediri dengan tujuan agar adat budaya peninggalan leluhur tanah Jawa tidak punah,bisa mendongkrak nilai spiritual dan kesakralan adat Jawa."pungkasnya. (Gus Ragil)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url