Beberapa Walikota atau Bupati yang Dipecat PDIP, Bukan Hanya Gibran dan Bobby, Simak!


Surabaya,- Nuswantoro pos.com Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Walikota Medan Bobby Nasution bukan jadi kepala daerah pertama yang dipecat Parta Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP lantaran isu saingan politik. Sebelumnya, sudah ada beberapa kepala daerah yang duluan dipecat PDIP karena kasus persaingan politik.

Seperti diketahui status keangggotaan Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution menjadi persoalan setelah putra presiden Joko Widodo itu memutuskan untuk menjadi bakal calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.

Gibran dan Bobby disebut-sebut akan dipecat PDIP.

Bobby yang jadi Wali Kota Medan bahkan sudah mendapat surat dari DPC PDIP Medan, tapi keputusan pemecatan bergantung pada DPP Partai. Sementara itu Gibran, di awal keputusannya menyeberang ke saingan politik PDIP, terkesan enggan mengurus keanggotaannya. Gibran tak kunjung mengundurkan diri. Pun demikian dengan PDIP yang terkesan tak mau memecat Wali Kota Solo itu. Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa urusan status keanggotaan Gibran dan Bobby sudah tutup buku.

Hasto menyebut sudah ada surat sanksi pemecatan dari DPC partai. Sebelum Gibran dan Bobby, PDIP tercatat sudah pernah memecat beberapa kepala daerah yang jadi kadernya.

  1. Emil Dardak

Ketika menjabat sebagai Bupati Trenggalek, Emil Dadak merupakan kader PDIP.

Suami artis Arumi Bachsin ini kemudian dipecat saat maju ke Pilkada Jawa Timur 2018 mendampingi Khofifah Indar Parawansa. Saat maju Pilkada Jatim ini, Emil keluar dari PDIP dan didukung dalam koalisi Partai Nasdem, Golkar, dan Demokrat.

  1. Akhyar Nasution

Akhyar Nasution merupakan mantan Plt Wali Kota Medan. Akhyar dipecat dari PDIP kaena membelot ke Partai Demokrat ketika akan maju ke Pilkada Medan 2020 lalu.

Sementara itu dalam Pilkada 2020 tersebut, PDIP mengusung menantu Jokowi, Bobby Nasution sebagai saingan Akhyar Nasution.

  1. Murad Ismail

Bukan cuma wali kota, bahkan sekelas Gubernur pun pernah dipecat PDIP. Gubernur Maluku Murad Ismail jadi buktinya. Murad Ismail juga dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPD PDIP Maluku. Ia dipecat karena istrinya, Widya Pratiwi, pindah partai dari PDIP ke Partai Amanat Nasional (PAN).

  1. I Made Gianyar

Mantan Bupati Bangli I Made Gianyar dipecat dari PDIP karena mendukung sang adik, I Made Subrata yang maju Pilkada Bangli 2020. Dalam Pilkada ini, adik I Made Gianyar diusung oleh Golkar, NasDem dan Gelora.

  1. Mundjirin

Mantan Bupati Semarang Mundjirin jadi kepala daerah selanjutnya yang dipecat PDIP. Ia dipecat karena dianggap melanggar perintah partai soal Pilkada 2020.

Menurut Wakil Ketua DPC PDIP Kabupatan Semarang Hok Hiong, Mundjirin dianggap membangkang perintah Megawati Soekarnoputri lantaran di Pilkada 2020 itu PDIP sebenarnya berkoalisi dengan PKB , Demokrat dan Hanura dengan mengusung Ngesti Nugraha dan Basari. Namun ternyata istri Mundjirin yaitu Bintang Narsasi juga mencalonkan diri dengan Gunawan Wibisono. Istri Mundjirin maju dengan diusung PKS, PPP, Gerindra, Golkar, Nasdem, dan PAN.

  1. Rustriningsih

Mantin Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih dipecat dari PDIP karena mendukung pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa di Pilpres 2014 lalu. Sementara itu PDIP sudah punya usungan sendiri yaitu Jokowi dan Jusuf Kalla.

(Wie)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url