Sudah Berakhir, Pasar Rakyat Betiting Gresik bersama cak Sodiq Hingga bagi bibit Dishut Jatim



Gresik,- Nuswantoropos.com Terletak di Lapangan Desa Betiting, Cerme, Gresik, Pasar Rakyat Agustusan telah berakhir pada 13 Agustus 2023. Acara yang dimulai pada 4 Agustus tersebut, selalu menyedot ribuan warga setempat.

“Acara Pasar Rakyat, dalam setiap harinya, diramaikan acara menarik, dari sholawat, berbagai lomba, hingga acara musik yang diiringi dialog interaktif pembagian bibit,” jelas Kepala Desa (Kades) Betiting Musoli (15/8).

Diantara acara yang menyedot ribuan warga di sekitar Pasar Rakyat adalah ‘Betiting Berbagi, Cak Sodiq Religi’, yang dikemas dalam performance Cak Sodiq New Monata mengiringi dialog interaktif terkait sedekah oksigen yang menghadirkan Widodo, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Bojonegoro dan Ketua DPD Perempuan Tani HKTI Jatim, Dr Lia Istifhama, (9/8/2023).

Pada kesempatan itu, Dinas Kehutanan Provinsi Jatim pimpinan Jumadi, melalui CDK yang menaungi Bojonegoro, Tuban, Gresik, Lamongan, Sidoarjo, Surabaya, membagikan ratusan bibit tanaman jeruk, seperti jeruk dan alpukat. 

Secara terpisah, Ning Lia  yang juga Keponakan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, menjelaskan bahwa kegiatan bagi bibit sudah rutin dilakukan oleh Dinas Kehutanan Jatim melalui giat Pasar Rakyat yang diisinya.

“Alhamdulillah, ini kesekian kali sejak 2022, yang mana giat pasar rakyat DMR porduction, memiliki banyak acara menarik, dan diantaranya memang bersinergi dengan Dishut Jatim dalam hal pembagian bibit gratis sebagai bentuk penguatan sedekah oksigen Gubernur Khofifah,” jelasnya.

Ning Lia sendiri, dalam banyak kesempatannya mengisi ruang publik, selalu membuat pantun yang bertujuan mengapresiasi tokoh masyarakat setempat. Tak luput Kades Betting dan Cak Sodiq, yang dihadiahinya pantun:

“Cinta itu tak perlu basa basi, apalagi janji manis seperti gulali.
Lurah betting kerjanya nyata tanpa basa-basi, siapa lagi jika bukan pak Musoli.”

“Dulur, harus bisa ngirit biar hidupnya gak bangkrut, harus banyak bersyukur biar hidupnya penuh cinta. 
Dulur, suaranya garang tapi hatinya lembut, siapa lagi jika bukan cak Sodiq Monata.”

Pembagian bibit pun semakin semarak dengan iringan lagu Lestari yang dinyanyikan oleh Cak Sodiq Monata dan ning Lia sebagai pengisi video klip. 

Pasar Rakyat Agustusan Betiting itu sendiri, telah berakhir dan diisi rangkaian acara seperti majelis zikir Habib Aidid dari Madura, ceramah agama oleh K.H Khoirul Anam Reza dari Gresik, parade seni pelajar, Qosidah Rebana Al Hidayatul Rohma, Lomba ibu-ibu PKK dan aneka lomba Agustusan, al banjari "Arbett", senam massal, dan ludruk Angger Dadi.

Selain di Betting, Pasar Rakyat yang digadang oleh DMR Production, juga berlangsung di banyak hampir semua Kabupaten Kota se Jawa Timur. Beberapa pihak yang mendukung gelaran tersebut, diantaranya  Sirup Kurnia, Honda, TIMES Indonesia, Posmonews, Menaramadinah, Jatimkini, Suzuki Mobil dan banyak lagi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url