Menyambut Kehadiran Ganjar di Surabaya Indonesia Moeda Flashmob Lagu lagu Nusantara




Surabaya,- Nuswantoro pos.com Warga Kota Surabaya berduyun-duyun datang untuk bertemu langsung dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hadir dalam acara pentas wirausaha dan UMKM yang dilaksanakan disitu.
Acara ini turut dihadiri oleh jajaran pengurus DPD PDI Perjuangan Jawa Timur dan DPC PDI Perjuangan Surabaya beserta Walikota dan Wakil Walikota Surabaya  Sabtu (6. Mei. 2023) di Kompleks halaman Balai Pemuda Surabaya.

Secara bersahut-sahutan, ribuan warga yang memadati area tersebut meneriakkan dukungan kepada Ganjar yang tiba bersama istrinya, Siti Atikoh.

"Ganjar Presiden!"... Pekik para masyarakat kota pahlawan yang hadir disitu.
Massa kian memadat saat Ganjar memberikan sambutan singkat. Ia menyampaikan dukungannya pada para pelaku UMKM di Surabaya dan berjanji akan mendukung mereka melalui kanal-kanal media sosialnya.
Seusai memberikan sambutan, Ganjar bergeser menuju ke area Balai Budaya untuk mengisi talkshow singkat dengan didampingi para pejabat.
Di saat yang sama, puluhan anak-anak muda berkaos putih bertulisan "Kerja INDONESIA MOEDA" naik ke atas panggung dan memimpin gerakan flashmob dengan dipimpin oleh lima orang instruktur utama. Ada pula beberapa yang membaur di antara kerumunan massa.

Mereka mengajak ribuan massa mengikuti gerakan dengan alunan Medley lagu-lagu nusantara yang diputar oleh pengeras suara.
Kaum Millenial dan Gen Z ini berasal dari kalangan mahasiswa, pelajar, dan kaum muda.

Secara bersemangat mereka menarikan gerakan untuk mengiringi lagu Yamko Rambe Yamko dari Papua, Manuk Dadali dari Jawa Barat, dan Sik Sik Sibatumanikam dari Sumatera Utara.

Gerakan ini diikuti oleh para pengunjung. Koordinator Kerja Indonesia Muda Aryo Seno Bagaskoro dalam keterangan tertulisnya menerangkan, tujuan tampilan tersebut adalah untuk menghidupkan kembali memori kolektif tentang persatuan nasional di kalangan anak-anak muda dengan cara-cara yang up-to-date.

"Kota Surabaya adalah dapur nasionalisme dan persatuan di masa pra-kemerdekaan. Saat ini menyongsong seratus tahun Sumpah Pemuda di tahun 2028, anak-anak muda harus bekesadaran sejarah untuk me-refresh memori kolektif kita." Ungkap pria 21 tahun tersebut.

Ia menambahkan bahwa dalam konteks masa kini, Surabaya tidak boleh berhenti memproduksi gagasan untuk bangsa, apalagi di era teknologi digital yang memungkinkan para pemuda untuk mengkolaborasikan pemikiran dan karya.

"Dari latar tempat hari ini di Balai Pemuda, kami ingin menangkap energi optimisme tentang peran anak muda dan masa depan. Bahwa lagu-lagu dari beragam daerah bergema adalah simbol perlunya kita terus menguatkan saraf kesatuan cita-cita kita sebagai satu bangsa." Ungkapnya.

Ia tak menampik bahwa mereka menginisiasi tampilan tersebut untuk menyambut dan mengiringi hadirnya Ganjar Pranowo di Surabaya.

"Pak Ganjar adalah satu sosok teladan kepemimpinan yang baik bagi anak-anak muda. Teladan baik ini harus dikonkretkan oleh kami dalam bentuk gerakan nyata yang terus menerus digulirkan. Melalui diskusi dan aksi yang diinisiasi oleh anak-anak muda. Bagi kami, Surabaya adalah titik awal yang krusial." Jelas mahasiswa Jurusan Ilmu Politik FISIP Universitas Airlangga tersebut.
Seno menjelaskan, gerakan Kerja Indonesia Moeda akan terus digulirkan dan disebarluaskan lewat berbagai macam aksi.
"Tujuannya : rasa cinta tanah air dalam balutan persatuan nasional hidup dan membawa manfaat di benak dan sanubari Gen Z serta Millenial." Tutupnya. 

(Dian)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url