Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran Pemilu 2024 di Kelurahan Sonokwijenan Segera Dilakukan


Surabaya,- Nuswantoro pos.com Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan akan segera melakukukan rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) Pemilu 2024.

Rapat pleno tersebut akan diselenggarakan pada 30-31 Maret 2023 di semua kelurahan setempat.

Terkait pleno rekapitulasi DPHP tersebut, KPU Kota Surabaya, Rabu (29/3/2023) mengundang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Divisi Pemutakhiran Daftar Pemilih dalam rapat kerja untuk persiapan pleno terbuka rekapitulasi DPHP.


Setelah pleno terbuka di tingkat PPS, selanjutnya pleno terbuka rekapitulasi DPHP di tingkat PPK yang berlangsung pada 1-2 April 2023. Untuk pleno serupa di tingkat KPU Kota, akan dilakukan pada 5 April 2023.

Ketua PPK Sukomanunggal meminta PPS menyiapkan dengan fokus pelaksanaan pleno terbuka tersebut. 

“Pelaksanaan pleno di tingkat PPS agar disupervisi secermat mungkin. Memastikan pihak-pihak terkait diundang dan dilibatkan, serta data pemilih hasil coklit sudah siap untuk diplenokan,” kata Seno dalam keterangan tertulis kepada Nuswantoro Pos.com, Jum'at (1/4/2023).

Ia menjelaskan sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 27/2023 tentang Pedoman Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Negeri pada Pemilihan Umum, peserta rapat pleno terbuka di tingkat PPS adalah petugas pemutakhiran daftar pemilih (pantarlih), Panwaslu kelurahan, perwakilan peserta pemilu tingkat kelurahan serta perangkat tingkat kelurahan. 

Untuk memastikan keterlibatan pihak-pihak peserta tersebut, khusus untuk peserta pemilu di tingkat kelurahan, PPS mengundang secara terbuka melalui akun media sosial resmi yang dikelola PPS. 

“Dari KPU juga menyampaikan surat pemberitahuan kepada pimpinan parpol di tingkat kabupaten perihal agenda tersebut yang akan melibatkan perwakilan peserta pemilu di tingkat kelurahan,” lanjut Seno.

Rapat pleno rekapitulasi DPHP tersebut dilakukan setelah sebelumnya pantarlih menyelesaikan tugas pencocokan dan penelitian (coklit) dalam mendata pemilih Pemilu 2024 pada 12 Februari-14 Maret 2023. 

Hasil Pemilih aktif 6089, Pemilih baru  105, Pemilih tidak memenuhi syarat 90, Perbaikan data pemilih 13, Rekapitulasi Perubahan Pemilih untuk DPS Pemilihan Umum Th 2024 terlampir dalam dokumentasi dan tidak di temukan data pemilih yang meninggal, pindah dan lain lain di 22 TPS.

Pemilih ini nanti akan direkapitulasi dalam rapat pleno terbuka di tingkat PPS pada 30-31 Maret 2023. PPS sudah menerima dan memeriksa kelengkapan dokumen hasil coklit dari pantarlih. Bagaimana hasilnya, akan disampaikan dalam pleno. 

Jika ada masukan dan tanggapan dari peserta rapat pleno dan disertai bukti dokumen yang otentik, maka PPS akan menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan regulasi,” jelas Seno

Ia juga menjelaskan PPS akan menyampaikan berita acara rekapitulasi hasil pemutakhiran itu kepada PPK, Panwaslu kelurahan peserta pemilu di tingkat kelurahan, serta ke perangkat pemerintah kelurahan. 

Sementara itu anggota Bawaslu Kelurahan dalam kesempatan raker itu mengatakan, selama proses coklit, Panwaslu di kelurahan melakukan pengawasan. 

“Kami berharap koordinasi dan komunikasi teman-teman PPK dan PPS dengan Panwaslu kecamatan dan Panwaslu kelurahan selalu terjaga. Kita punya tujuan yang sama, memastikan pemilu berjalan sukses dan lancar, serta mencegah pelanggaran dan sengketa.

(Dwi Joe)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url