Koramil 0830/06 Benowo Peduli Berantas Sarang Nyamuk




Surabaya,- Babinsa Kelurahan Pakal Koramil 0830/06 Benowo Serda Solikun anggota melaksanakan Apel Gebyar Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) bersama Kader Surabaya Hebat berjumlah 116 orang bertempat di Pendopo Kelurahan Pakal, Jum’at (11/11/2022).

Gebyar PSN yang dilaksanakan secara serentak di wilayah Kecamatan Pakal ini diikuti oleh 4 Kelurahan (Kelurahan Sumberjo, Benowo, Pakal dan Babat Jerawat) kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap minggunya. Pelaksanaan Gebyar ini juga diikuti oleh Danramil Benowo, Camat Pakal, Kapolsek Pakal dan Kepala Puskesmas Benowo. Setelah pelaksanaan apel dilanjutkan dengan pengecekan secara langsung dilokasi bersama Kader Surabaya Hebat tepatnya di RW 2 Kelurahan Pakal. 


Dari sampel 15 rumah terdapat beberapa rumah yang positif ada jentik nyamuk, terutama di bak air kamar mandi, pot bunga atau tempat lainnya seperti bekas ban sepeda yang sudah tidak terpakai, tempat minum burung dan barang bekas lain yang bisa menampung air. Sehingga hal ini bisa menyebabkan resiko terkena penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk. Kepala Puskesmas Benowo yang akrab dipanggil dokter Jo menyampaikan bahwa hal seperti ini bisa dikatakan angka bebas jentik rendah, sehingga kemungkinan terkena penyakit karena nyamuk akan besar. Perlu melakukan gerakan 3M Plus (menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, mengubur barang bekas dan plusnya hindari gigitan nyamuk, tidur menggunakan kelambu, menyalakan obat nyamuk), sekaligus membiasakan gerakan satu rumah satu jumantik, terang Dokter Jo.

Ditempat berbeda, Danramil Benowo Mayor Inf Agung Prasetyo Budi menambahkan, bahwa Forkopimka Pakal bersama KSH (Kader Surabaya Hebat) akan selalu menghimbau kepada warga, namun yang paling penting adalah kesadaran warga tentang keberaihan lingkungan serta akan pentingnya kesehatan itu yang paling utama, pungkasnya.(Burhan)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url