LDKS SMPN 4 Sidoarjo Di Wisata Desa Coklat Mojopahit Ciptakan Generasi Emas Yang Tangguh




Mojokerto,- Nuswantoro pos.com Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan dasar yang sangat penting yang harus dimiliki oleh peserta didik. Menyadari hal tersebut SMP Negeri 4 Sidoarjo mengadakan kegiatan Latihan Dasar kepemimpin dengan tujuan  untuk menyiapkan siswa-siswi nya menjadi pemimpin yang berkarakter di masa depan. Kegiatan yang dilakukan di Wisata Desa Bumi Mulyo Jati atau Coklat Mojopahit, Desa Randugenengan, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto. sejak 26 hingga 27 Oktober 2022 ini, diikuti oleh pengurus OSIS dan perwakilan siswa kelas 7 dan 8 dengan peserta 100 orang siswa.


Dalam hal ini, tujuan LDKS adalah melatih kepercayaan diri, Belajar untuk menyelesaikan masalah, mengasah kemampuan organisasi, memupuk sifat kepemimpinan, sarana pengembangan diri, langsung di bimbing oleh trainer yang berpengalaman telah di siapkan oleh pihak wisata desa, juga di awasi oleh guru pembimbing dari SMPN 4 Sidoarjo.

Saat di wawancara awak media, Kepala Sekolah SMPN 4 Sidoarjo Lilik Sulistyowati menuturkan "Alhamdulillah pelaksanaan LDKS berjalan lancar, tujuan LDKS ini memberikan wawasan kepada anak didik, melatih ketrampilan sebagai pimpinan, dimana untuk jadi pemimpin tidak lah mudah, harus mempunyai 4M (Mempengaruhi, Menggerakkan, Mengembangkan, Memberdayakan). Selain memberikan bekal anak anak untuk jadi seorang pemimpin, terutama anak didik harus bisa menjadi pemimpin dirinya sendiri" terangnya.

Kegiatan LDKS di jadwalkan dalam susunan acara pelaksanaan adaptasi lingkungan, upacara pembukaan, kontrak belajar, Ishoma, manajemen OSIS, Sholat Ashar, Proker, bersih diri Inshoma, Potensi diri, Esq,  menghitung bintang, sholat subuh, ngobrol pagi, senam, makan pagi, Outbound, Edukasi Kakao, Berenang, Penutupan Upacara yang di tandai dengan MoU penandatanganan kerjasama dan pemberian piagam penghargaan dari Owner Wisata Desa Bumi Mulyo Mojopahit, Do'a, peserta LDKS dan semua guru kembali di SMPN 4 Sidoarjo.

Tidak hanya LDKS, kegiatan juga di isi oleh pengenalan kewirausahaan, dengan langsung melihat Pabrik pembuatan coklat Mojopahit dengan bahan dasar buah kakao, sebagai bekal kelak nanti untuk para peserta agar bisa Bermandiri pada masa depan nya dan bisa mengerti kewirausahaan. Pada puncak acara kegiatan LDKS adalah Kepala Sekolah SMPN 4 Lilik Setyowati dan Owner Wisata Desa Bumi Mulyo Jati Mojopahit Mulyono, meneken kesempatan kerja sama antara dunia Pendidikan dan kewirausahaan Coklat Mojopahit dan Pemberian piagam penghargaan.(stna)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url