Bupati Gresik Pimpin Upacara Pembukaan TMMD Ke-115 Tahun 2022




GRESIK,- Bertempat di halaman kantor Pemkab Gresik Jl. DR. Wahidin Sudiro Husodo No.245-c, Kembangan, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, telah dilaksanakan upacara pembukaan TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) yang ke 115, dipimpin oleh H. Fandi Akhmad Yani, SE (Bupati Gresik) dengan diikuti sebanyak 315 personil gabungan. pada Selasa(11/10/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kolonel Inf H. Sugiono S. Sos, M.Si (Kasrem 084/BJ), Kolonel Kav Zaelani ( Kasiter 084/BJ ), Kolonel Inf Yusan Riawan, S.I.P, Kolonel inf yudo wasono ( Staf ahli bid omsp ), Kolonel mar Joni ( Danpasmar ), ( Dandim 0831/Surabaya timur ), Kolonel Kav Jacob Jonnes Patty ( Dandim 0832/Surabaya Selatan ), Kolonel Inf Budi Handoko, S.Sos ( Dandim 0830/Surabaya Utara ), Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar, S.Sos ( Dandim 087/Gresik ), Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd. ( Wakil bupati Gresik ), AKBP Muhammad Nur Aziz, SH, SIK, M.Si ( Kapolres Gresik ), Mayor Inf Sugeng Riyadi ( Kasdim 0817/Gresik ).


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Gresik dalam sambutannya menyampaikan bahwa TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan serta memadukan unsur-unsur TNI, Kementerian, lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat. Tujuannya adalah, membantu pemerintah untuk ikut serta mendukung akselerasi pembangunan baik secara fisik maupun non fisik khususnya di desa yang masih berstatus berkembang yang dilaksanakan secara berlanjut dan berkesinambungan. 

“Karena itu, melalui penyelenggaraan TMMD yang terencana dan terlaksana dengan baik ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi, sekaligus bentuk peran serta nyata kita dalam mempercepat upaya pembangunan daerah di berbagai pelosok nusantara. Kegiatan TMMD merupakan kegiatan yang sangat strategis dan efektif, baik dilihat dari sisi pembangunan ekonomi, pertahanan keamanan, peningkatan cinta tanah air, serta kesadaran berbangsa dan bernegara, hal ini sesuai dengan tema TMMD ke-115 tahun 2022 yaitu “TMMD dedikasi terbaik membangun nkri”. Melalui TMMD ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat guna pemerataan pembangunan yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat pedesaan dan upaya peningkatan sumberdaya manusia.”tuturnya.

“Sebab proses perencanaan TMMD selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku dan pengguna hasil TMMD mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai pengawasan. Sasaran TMMD ke 115 tahun 2022 di desa Kramat Kecamatan bungah Kabupaten Gresik dilaksanakan mulai tanggal 11 Oktober s/d 11 November 2022. sasaran fisik diarahkan pada pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana serta fasilitas umum yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat antara lain pembangunan, pavingisasi jalan desa, pembangunan jalan desa, pembangunan drainase, pembangunan TPT, penerangan jalan umum (PJU) dan rehab rumah tidak layak huni (RTLH). sasaran non fisik meliputi peningkatan kesadaran masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sikap bela negara, jiwa wirausaha serta meningkatkan kondisi kamtibmas antara lain diadakan penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, hukum, narkoba, keagamaan, budidaya ikan, PK, kelembagaan masyarakat desa, stunting Posyandu, Posbindu PTM, pelayanan KB dan kesehatan gratis.”ujar Gus yani sapaan akrab Bupati Gresik.

Bupati berharap, “Kegiatan TMMD ke 115 di desa kramat kecamatan bungah semoga berjalan lancar dan mampu merealisasikan program TMMD melalui penyelesaian berbagai kegiatan fisik dan non fisik kemanunggalan TNI dengan masyarakat sebagai wujud partisipasi dan kebersamaan kita dalam pembangunan daerah. Kondisi ini harus terus dimantapkan di tengah tantangan pembangunan yang semakin kompleks.”harapnya.

“Semua prasarana dan sarana yang dihasilkan oleh kegiatan TMMD ini, merupakan asset pembangunan masyarakat yang dibangun dengan jerih payah dan pengorbanan yang tidak kecil, baik dari masyarakat maupun dari pemerintah daerah yang bertujuan untuk lebih meningkatkan kesejahteraan rakyat di pedesaan. Untuk itu kepada segenap masyarakat dan para aparat di daerah, saya harapkan agar hasil-hasil yang telah dicapai ini terus dipelihara dan dikembangkan demi kepentingan bersama.”pungkasnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan berbagai rangkaian diantaranya, Penanda tanganan naskah Serah Terima yang dilakukan oleh Bupati Gresik, Wabup Gresik serta Dandim 0817/Gresik, serta dilanjutkan dengan Penyematan tanda peserta TMMD dan penyerahan peralatan TMMD secara simbolis oleh Bupati Gresik.

Selesai melaksanakan kegiatan Upacara Pembukaan TMMD Ke-115 Tahun 2022. Bupati beserta seluruhnya personil bergerak menuju lokasi kegiatan TMMD yang terletak di desa Kramat Kecamatan bungah Kabupaten Gresik.
 (Burhan)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url