Bupati Samosir Rapat Kerja bersama Kepala Desa dan Lurah





Sumatra,- Bupati Samosir Vandiko T Gultom didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Hotraja Sitanggang, Asisten I Tunggul Sinaga, Inspektur Daerah Marudut Tua Sitinjak, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian DR. Tumiur Gultom , Kepala Dinas Sosial dan Pemdes Fitri Agus Karo-karo, Ketua Tim Bupati Percepatan Pembangunan Raun Sitanggang, Camat Palipi, Camat Palipi Ronal Martohap Sinaga, Camat Nainggolan Tino Luhut Uli Nainggolan Pimpin Rapat Kerja bersama Lurah/Kepala Desa Se-Kecamatan Nainggolan dan Se-Kecamatan Palipi  yang bertempat di Aula Kantor Bupati Samosir, Kamis (15/09).



Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Hotraja dalam sambutannya mengatakan topik dalam rapat kerja terkait 10 Program Unggulan Pembangunan Daerah Kabupaten Samosir. Potensi-potensi yang bisa dimanfaatkan dilingkungan kita untuk pembuatan pupuk organik, informasi-informasi harus disampaiakan kepada pimpinan, harus melayani masyarakat dengan mempercepat pengurusan dokumen-domumen kependudukan. Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa harus melayani masyarakat  degan baik dan diharapkan Kepala Desa agar  memperhatikan kenyamanan masyarakat dan menampung aspirasi masyarakat untuk pembangunan di desa. Kepala Desa harus menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat. Pengoptimalan alat berat  harus disepakati bagaimana SOP Alat berat untuk beroperasi dan kendala dimasyarakat. Potensi yang kita miliki harus kita manfaatka dan  Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Hotraja memeberikan apresiasi kepada camat se- Kabupaten Samosir  karena sangat bangga dengan kinerja dan respon para camat atas  keluhan-keluhan masyarakat tentang pembangunan.

Selanjutnya Bupati Samosir menyampaikan Program-program Pemerintah Kabupaten Samosir agar betul-betul dilaksanakan dilapangan, terkait program sirtunisasi supaya kepala desa mendata sebanyak mungkin terhadap masyarakat yang akan dibuka jalan untuk pertanian. Program sertunisai ini langsung menyentuh masyarakat dan kami bertekat agar seluruh jalan di Desa terakses terutama sentra-sentra pertanian, Kepala Desa diharapkan mensosialisasikan kepada masyarakat agar jalan dapat dibuka supaya masyarakat terbantu. Jalan antar desa terhubung masyarakat akan senang dan saya sangat bangga karena antusias mayarakat dan Kepala Desa sudah cukup baik dan menjadi semangat buat saya ujar Bupati Samosir. Sirtunisasi ini jadi solusi jangka pendek yang langsung dirasakan masyarakat dan akan tetap dijalankan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Vandiko juga menginstruksikan kepada Dinas Pertanian untuk menggalakkkan program pembuatan pupuk orgaik dan agar Kepala Desa betul-betul mendukung di daerah masing-masing, dibeberapa Desa telah dilaksanakan dan menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan pupuk Kimia. Diharapkan Desa dapat membuat pupuk organik untuk dibagikan kemasyarakat dan didampingi Dinas Pertanian.

Bupati Samosir meminta kepada Kepala Desa agar terhindar dari kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum, mengharapkan inspektorat Kabupaten Samosir mendampingi kepala desa dalam penyerapan anggaran Desa dan diharapkan penyerapan anggaran agar cepat dilaksanakan untuk kesejahteraan masyarakat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url