Uri - Uri budaya lokal Desa Kawal Kalikendal RW 02 Kelurahan Pradah Kalikendal




Surabaya,- Semenjak hijrahnya desa ini dari tahun 1920 asal Babatan sekarang Kecamatan Wiyung , sudah menjadi tradisi lokal masalah hajatan kampung ( Sedekah Bumi). Hal itu terjadi karena warga yang menempati perkapungan baru itu semuanya bisa di kata , menghandalkan hasil bercocok tanam(tani).

Saat itu dan di bilang puluhan kepala keluarga saat itu dengan kearifan lokal dan tradisi yang terjadi saat itu, tiap tahun di adakan sedekah setiap bulan Ruwah( Jawa), setelah hasil bumi petik dan seiring kegiatan yang ada , hiburan jadi tontonan utama , dulu pencak silat Jekdong , uyon" selalu mengiringi kegiatan itu tiap rumah, mengeluarkan hasil petiknya itu menunjukkan rasa syukurnya kepada Sang pencipta Alam , hingga di berikan hasil petik dan sehatnya warga tanpa balak apapun.

Hingga sampai saat ini , tradisi kearifan lokal desa Kawal kalikendal RW 02 di peringatinya . Desa dengan penduduk hampir 800 Kepala kelurga yang selalu guyup rukun , nampak suasana kegotong royongnya dalam menyikapi moment apapun di kampung itu. Desa Kawal ini terbagi lima RT sewilayah RW ,

Lain dulu , lain sekarang dibawah kepemimpinan RW bapak Teguh Imantokoh selalu mengkominasikan kegiatan apapun di kampung itu yang selaras dengan ke RTan begitu juga kemasan kegiatan Sedekah Bumi tahun ini ( 20,21/8/2022) jatuh rolling kepanitiaan ke RT 03 ( Ngatenah) dan keterlibatan RT sewilayah RW 2 , Kelurahan Pradah ini . Giat itu melibatkan semua unsur element masyarakat setempat ,tokoh muda , tokoh masyarakat dan tokoh agama dengan begitu rasa memiliki akan kepedulian akan tradisi semakin tahun semakin kental kegotong - Royongan di wilayah desa Kawal kalikendal , karena mereka menyadari rejeki yang di peroleh dari sehat dan materai selama berbijak di desa ini   kian di sadari .

Dengan agenda Sedekah Bumi tahun ini di gelar dengan kirap tumpeng raksasa perukun tetangga yang di ikuti sebanyak jumlah warga yang ada , dengan kegiatan ini di iringi reog  , jaranan setempat dalam naungan ke RW an ," demikian pemaparan pemangkuh wilayah RW 02 Teguh Imantokoh.

Dan harapnya juga  semoga event ini akan kita senergikan kedinas yang terkait supaya menjadi agenda tahunan di dinas Pariwisata. kegiatan ini bersamaan lomba perkampung dalam kebersihan lingkungan merebutkan trophi RW. (Pon)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url