PERSATUAN NUSANTARA SATU RASA MENYELENGGARAKAN DO'A SATU RASA DENGAN TOPIK "AKU UNTUKMU INDONESIA




Surabaya,- Nuswantoro pos.com
Ritual dimulai dengan kirap masuk ke rumah joglo dengan semua paguyupan yang hadir, mereka berjalan pelan seiring alunan gamelan. Berbaris dengan rapi memakai baju sesuai adat masing-masing (keyakinan masing-masing).

Acara diselenggarakan di warung joglo merah putih Senin Wage, 1/8/2022 pukul 16.00 WIB jalan Raya Ir. Soekarno no. 678 Merr Gunung Anyar. Kecamatan Gunung Anyar. Surabaya. Jawa Timur. Dengan pembawa acara/Pambirowo Ngatinah dari Paguyupan PBS.



Disaksikan tamu undangan:
1. Letkol Laut (T) Jhony Setiawan (Puspenerbal)
2. Kolonel Ari - AL. Mewakili Laksma OC Budi
3. Letkol Sadar dari Kopaska pemilik joglo merah putih kakak dari mas Kristian sebagai penyelenggara acara
4. Kapten Sus Heri (mewakili Danlanud Mujiono)
5. Kapolsek Gunung Anyar Iptu Roni Ismulloh.

Paguyuban yang hadir:
1. Ikatan Guru Spiritual Nusantara
2. Ikutan Mahasiswa Indonesia Timur Surabaya
3. Istana Karya Difabel dengan Ketua Andy Elektrik
4. P2BAJJ
5. Kekandangan Sejati Jatim
6. Tlasih Delapan Tujuh
7. Tandava Nrtya dengan Pembina 1 acara. Hyank Wiltu dr Surabaya
8. PBS dengan Ketua Merry Tri Ratmani
9. Pesanggrahan Gubuk Alit
10. Indigo dan Telepati diwakili oleh Lupus Susana
11. Padepokan Ilmu Hikmah Nurlangit
12. Jalapati
13. Paguyuban Adat Budaya Spiritual
14. Matra
15. LPPP
16. NIT
17. Kapribaden
18. Glow Skin
19. Seno Cakti Nuswantoro
20. Laksus Darah Gajah Mada. Ketua Setiawan dengan Penasehat Gus Lukman Rahmatullah
21. Purnama-Purnama
22. Flores Bersatu Indonesia dengan Yeti Nilu
23. Peguyupan Penghayat Kapri Aden Surabaya dengan Ketuanya Sugeng
24. Penghayat Budaya Mbah Slamet Tanggulangin Sidoarjo
25. YKBSN. Yayasan Keluarga Besar Spiritual Nusantara dengan Ketua Rendra
26. BMI. Brigade Manguni dengan Ketua Mexie Diponggo

Ketua Istana Karya Divabel (IKD) Andy Elektrik menjabarkan tentang paguyupan yang dipimpinnya. IKD adalah wadah kesenian Divabel musik, tari, vokal, lukis, konten kreatif. Yang beralamatkan CH kuliner jalan Arif Rahman Hakim no. 131 Surabaya.

Penghayat Kepercayaan dalam artian luas didefinisikan sebagai masyarakat yang menganut agama tradisional di luar enam(6) agama yang diakui oleh negara, ujar Sugeng dari peguyupan Penghayat Kapri Aden.

Penghayat Kepercayaan merupakan pelestari nilai-nilai budaya luhur yang dianut oleh nenek moyang bangsa Indonesia sebagai bagian integral yang tak terpisahkan dari bangsa Indonesia. Keberadaan Penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa turut mewarnai kemajemukan bangsa Indonesia yang terdiri dari bermacam-macam etnis, bahasa, agama, maupun budaya, pungkas Sugeng.

Penyelenggara Kristian mempunyai status yang sangat tidak disangka, karena masih keturunan Raden. Jika di Solo dengan gelar Kanjeng Raden Haryo Kristian Haryo Negoro. Di Jogya dengan gelar Kanjeng Pangeran Kristian. Mempunyai nama saat kecil Raden Purnomo Sili Nuswantoro. Nama dari orang tua adalah Jagad Arsi Nuswantoro.

Beliau (Kristian) mohon do'a untuk abynya yang akan mendirikan yayasan Nusantara satu rasa jadi tidak ada perbedaan/geb akhirnya menyatu. Yayasan itu menjadi universitas Nusantoro Satu Rasa dimana seluruh komponen bangsa, anak bangsa gratis belajar disitu.

Sulaiman dari Papua bersahabat selama 20 tahun itu bukti tidak membedakan ras, suku, dan agama. Dengan keyakinan dari Pancasila. Jadi kedepannya nilai Pancasila ditrapkan dalam kehidupan. Geb harus dihilangkan, beragam itu yaitu Indonesia dengan ke Bhineka-annya.pungkas Kristian.

Setelah Do'a dan tarian yang sangat bermakna yang dipersembahkan Hyank Wiltu Tandavan pembina 1, pemotongan tumpeng akhirnya dilaksanakan. Muncak nasi kuning dan putih diambil untuk sesaji serta berbagai lauk pauknya. Semua yang hadir juga tamu undangan makan bersama yang mewujudkan kebersamaan tidak ada perbedaan.

(Dyah)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url