Rayakan Tahun Baru Islam Pimred Nuswantoro Pos Ucapkan Selamat Tahun Baru Islam




Surabaya,- Nuswantoro Pos - Tahun Baru Islam 1 Muharram 2022 atau 1444 H dalam kalender Masehi jatuh pada hari ini, Sabtu 30 Juli 2022.

Perayaan Tahun Baru Islam ini berbeda penetapannya dengan Tahun Baru Masehi. Sebab kalender Islam menggunakan perhitungan berdasarkan sistem peredaran bulan atau qamariyah.

Sementara kalender Masehi menggunakan sistem syamsiyah atau peredaran matahari. Tahun Baru Islam ini tentu memiliki makna yang penuh arti dan merupakan suatu hari yang penting bagi umat muslim.

Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriah. Namun Tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriah.

Perlu diketahui, kalender Hijriah secara resmi belum dimulai ketika zaman Rasulullah SAW karena kalender ini hanya dimulai pada zaman Khalifah Arrasyidin kedua yaitu Umar al-Faruq RA.

Adapun pemahaman bulan Muharram sebagai bulan Hijrah Nabi Muhammad SAW, karena bulan Muharram adalah bulan yang pertama dalam kalender Qamariyah yang oleh Umar bin Khattab, yang ketika itu beliau sebagai khalifah kedua sesudah Abu Bakar, dijadikan titik awal mula kalender bagi umat Islam dengan diberi nama Tahun Hijriah.

Tahun Baru Islam 2022 atau 1 Muharram 1444 Hijriah mengenang betapa pentingnya tanggal hijrah yang menjadi perubahan paradigma dalam sejarah Islam. Sudah semestinya kita mencukupkan diri dengan ajaran Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Dwi ...selaku Pimpinan umum Nuswantoro Pos  Menyampaikan : Selamat Tahun Baru Islam 30 Juli 2022/1 Muharram 1444H, Mari Saling Memaafkan Sesama Manusia.

Seyogyanya manusia saling memaafkan satu sama lain sebagai bentuk bahwa Islam adalah Rahmat bagi segenap alam. Dengan adanya saling memaafkan Fainsyaallah hidup terasa tentram meski persaingan pasti ada dalam kehidupan.

Dalam artian Kita hidup takkan sempurna tanpa bantuan orang lain. Maka dari itu disarankan saling menyadari, mengerti, menghargai, asah, asih, asuh, dan memaafkan antar sesama makhluk Allah Swt karena Al-Qur'an Mengajak untuk tidak bercerai berai.

Selamat tahun baru islam 1 Muharram 1444 H Semoga Allah SWT senantiasa memberi kekuatan pada hamba-hamba yang selalu mencari keberkahan. Mari memperbaiki ibadah, tingkah laku, dan menjemput berkah Allah SWT. Selamat Tahun Baru Islam! (tot)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url