Ratusan PKL yang berdagang dikawasan wisata Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, direlokasi




untuk menempati lokasi binaan yang telah disediakan. Hal itu dilakukan dalam rangka pembenahan kawasan tersebut.

Camat Tamansari, Agus Sulaeman mengatakan, ada dua Lokbin yang disediakan pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat untuk para PKL yakni di Kota Intan dan kawasan Cipta Niaga.

“Di Lokbin Kota Intan ada 457 kios dan di Cipta Niaga ada daya tampung 120 kios. Jadi kita asumsikan jumlah seluruh PKL di Kota Tua ada 500 lebih. Dua tempat ini menurut saya bisa menampung,” ujarnya kepada wartawan di lokasi, Senin (11/7/2022).

Agus menyebut, sudah ada sekitar 300 lebih PKL yang sudah terdata untuk ditempatkan di dua Lokbin yang sudah disiapkan. Di mana ratusan PKL tersebut sudah lama berjualan di kawasan wisata kota tua.

“Kemarin update data terakhir alhamdulillah berkat sinergi dan kolaborasi 272 (PKL) bersedia direlokasi di Kota Intan dan 41 PKL) yang bersedia direlokasi ke Cipta Niaga. Jadi total ada 300 sekian,” jelas Agus.

Agus menyebut, pemindahan PKL ke Lokbin tersebut merupakan salah satu upaya untuk membenahi kawasan Wisata Kota Tua. Ia juga berharap nantinya akan membawa efek ekonomi bagi masyarakat sekitar khusunya para PKL.

“Seiring sarana dan prasarana yang sudah siap dan sekarang lokbin masih perlu banyak dibenahi, nanti sambil berjalan ya, tapi goalnya itu tadi kita malu dengan Kota Tua di wilayah lain yang lebih tertata,” katanya.

“Relokasi ini akan berhasil kalau seluruh pemangku kepentingan bergerak. Jadi tidak hanya para PKL itu ditaruh sana tetapi kita lakukan upaya-upaya revitalisasi perbaikan-perbaikan,” pungkasnya. (Burhan)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url