Malam 1 SURO!! Pengunjung Candi Jolotundo Meningkat drastis dari biasanya.




Mojokerto,- Nuswantoropos.com.Jumat 29/07/2022. Candi Jolotundo,yang terletak di Hutan Trawas Wilayah Kabupaten Mojokerto, di Malam 1 SURO mengalami peningkatan Pengunjung yang sangat pesat dari, hari- hari biasanya, bahkan dari hasil wawancara Jurnalis Nuswantoro pos dari salah satu pengurus Candi sebut saja bapak, Sumaji mengatakan bahwa pengunjung di tahun ini meledak mas hampir mencapai 7 ribu pengunjung. masyarakat Tanah Jawa sudah terbiasa menyambut Malam 1 Suro dengan mengadakan ritual- ritual tertentu di berbagai tempat yang di anggap Kramat oleh mereka, begitu pula sasaran yang banyak di datangi oleh pelaku supranatural.



Adalah pilihan yang utama merupakan pemandian Jolotundho yang di percaya memiliki kandungan air yang setara dengan ZAM ZAM sehingga di yakini oleh masyarakat Tanah Jawa bisa di buat media penyembuhan penyakit dan mempercantik wajah bagi siapapun yang mandi dengan Air Jolotundho.

"Di acara Malam 1 Suro atau yang lebih di kenal oleh masyarakat Muslim Tahun baru Islam di yakini sebagai Malam yang Sakral sehingga di berbagai wilayah Mengadakan giat yang berhubungan dengan Mistik dan juga ruatan- ruatan adat Jawa, di lokasi pertapaan Patih Narotama, Candi Jolotundho Juga terlihat ada hiburan wayang kulit guna untuk menghibur pengunjung yang hadir.

"Menurut keterangan dari bapak Sumaji selaku salah satu pengurus Candi, bahwasanya Candi Jolotundho merupakan peninggalan sejarah di era Prabu Airlangga dan di area tidak jauh dari lokasi Jolotundo masih banyak situs peninggalan yang ada sangkut pautnya dengan Sejarah Prabu Airlangga.

Semoga generasi penerus bisa selalu melestarikan budaya Jawa dan tak akan terhapus oleh berkembangnya teknologi. (Iwan LA)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url