Kunjungan Jurnalis Nuswantoro Pos di Makam Dewi Andong Sari Ibunda Patih Gajah Mada


Lamongan,-Nurwantoro Pos Rabu/16 /Maret /2022. Makam Dewi Andongsari Ibunda Gajah Mada,
Banyak cerita tentang asal usul Gajah Mada.
Salah satu cerita tutur yang berkembang, Gajah Mada berasal dari Lamongan. Selain cerita tutur, di Lamongan juga ada makam yang dipercaya sebagai makam ibunda Gajah Mada. Ya, salah satu makam yang lebih dikenal masyarakat Lamongan sebagai makam ibunda Gajah Mada itu adalah makam Dewi Andongsari. Makam yang berada di puncak bukit Gunung Ratu Dusun Cancing, Desa Sendangrejo, Kecamatan Ngimbang ini diyakini masyarakat sekitar sebagai pusara Ibunda Gajah Mada.


Cerita tutur masyarakat menyebut di bukit yang oleh warga dikenal dengan sebutan Gunung Ratu. inilah tempat Dewi Andongsari menjalani hari-harinya sampai akhirnya melahirkan Joko Modo atau yang kemudian dikenal sebagai Gajah Mada, sang mahapatih Majapahit yang terkenal dengan sumpah Palapanya.

Untuk menuju makam yang sudah direhab oleh Pemkab Lamongan itu, peziarah harus menaiki tangga undakan. Ratusan anak tangga harus dilewati untuk sampai di puncak Gunung Ratu. Setelah sekitar 30 menit, pengunjung akan sampai pada puncak bukit. Di bawah pohon besar dan dikelilingi tembok dengan atap tertutup, di sanalah makam Dewi Andongsari. Makam itu membujur ke utara dan selatan, dengan dilengkapi tiga payung warna emas dan juga berhias bendera merah putih, tutur masyarakat setempat.
Dulunya merupakan petilasan dari Dewi Andongsari yang diusir dari Majapahit karena iri hati dari permaisuri Dara Petak dan Dara Jingga hingga Dewi Andongsari melahirkan seorang anak yang dikenal oleh warga sekitar dengan nama Joko Modo atau Gajah Mada.

"Di lokasi tersebut juga terdapat 2 pusara teman Ibunda Andung Sari yaitu Kucing Condronowo dan Garangan Putih yang merupakan binatang kesayangan atau pengawal beliau, yang menemani di waktu beliau di usir dari kerajaan. Semoga tempat bersejarah di Nusantara akan tetap terjaga. Supaya anak cucu kita juga bisa menyaksikan tinggalan situs yang merupakan pejuang Nusantara yang hasilnya bisa kita nikmati sekarang ini. Kita di beri amanah menjaga dan melestarikannya. (Iwan LA)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url