Handal Hadapi Situasi Darurat, Prajurut Satsel Koarmada II Latihan Evakuasi Medis



Surabaya,- Nuswantoro Pos.com TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 10 Maret 2022. Penuh rasa semangat, prajurit Satuan Kapal Selam (Satsel) Koarmada II melaksanakan kegiatan Latihan Evakuasi Medis Kapal Selam.  Kegiatan Latihan Evakuasi Medis ini di selengggarakan di KRI Ardadedali-404. 

Latihan yang dilaksanakan Rabu (9/3/2022) ,ini merupakan kegiatan Binopslat Satuan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, dan keterampilan personil dalam menghadapi kondisi darurat apabila ada salah satu prajurit mengalami luka atau perlunya penanganan medis segera. 

Adapun materi yang diberikan langsung oleh Dokter kapal selam selaku instruktur, antara lain prosedur penangan pertama korban patah tulang, prosedur penanganan korban didalam kapal selam , prosedur evakuasi korban melalui Conning Tower, juga pelajaran klasikal hingga melaksanakan praktek.


Terpisah, Dansatsel Koarmada II Kolonel Laut (P) Widya Poerwandanu menyampaikan latihan Evakuasi Medis tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit kapal selam sesuai bidang dan kemampuan kompetensinya masing-masing.

“Latihan adalah salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit kapal selam sesuai bidang dan kemampuan kompetensinya masing-masing, dengan latihan tersebut diharapkan personil unsur mampu melaksankan penanganan evakuasi medis secara segera demi keselamatan prajurit kapal selam saat di daerah operasi, ” jelas Dansatsel. 

Lebih lanjut Dansatsel menambahkan, Latihan ini pun sinkron dengan program prioritas kasal Laksamana TNI Yudo Margono terkait dengan pembinaan SDM TNI AL yang unggul, serta penyelarasan doktrin, operasi latihan dan sistem pelatihan yang fleksibel serta adaptiv terhadap dinamika situasi saat ini. (Novi)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url