Desa Pabean Sedati Budidayakan Holtikultura, Tanam 500 Bibit Pohon Jeruk Siem di Atas Lahan 2 Hektar




Sidoarjo - Dalam rangka mengoptimalkan lahan pertanian yang sudah mulai banyak berkurang Wakil Bupati Sidoarjo Subandi memanfaatkannya dengan menanam tanaman Hortikultura. 

Seperti yang dilakukan di Desa Pabean Kecamatan Sedati. Sabtu, (12/2). Wabup Subandi menanam tanama Jeruk Siem Madu. Sebanyak 500 bibit pohon jeruk Siem ditanam di desa yang lokasinya dekat dengan Airport Bandara Juanda itu.

Sebanyak 500 bibit itu merupakan bantuan yang diperoleh dari Kementrian Pertanian lewat anggota DPRD Komisi C Nur Hendriyatiningsih.

Subandi berharap produktivitas pertanian di Sidoarjo mengalami peningkatan. Baik dari segi hasil panen maupun pengelolaan pasca panennya.

Untuk itu,"Kami ingin memastikan sektor pertanian di Sidoarjo berjalan secara optimal. Sektor pertanian bisa menambah pendapatan bagi warga setempat, ujarnya.

Salah satu yang menjadi perhatian Subandi adalah keberlangsungan proses pembibitan. Wabup Subandi memantau langsung penanaman bibit sebanyak 500 pohon jeruk Siem madu di lahan 2 hektar Tanah Kas Desa (TKD) Desa Pabean.

Kepala Desa Pabean Sriatun mengatakan pembibitan Jeruk Siem Madu menjadi salah satu bagian penting yang akan dikelola oleh desa.  "Karena tanpa adanya bibit yang baik akan sulit untuk menghasilkan tanaman dengan hasil panen yang baik," ujarnya.

Dengan adanya bantuan dari Kementerian Pertamina itu, Sriatun harap produk buah lokal yang berkualitas semakin mudah didapatkan, terutama Jeruk Siem Madu yang saat ini dibudidayakan di Desa Pabean. 

Peran Pemkab Sidoarjo dalam membantu pemasaran saat musim panen diharapkan Sriatun. 

"Saar panen harapannya kita bisa difasilitasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sidoarjo. Membantu mamasarkannya, baik online maupun offline," harapnya.

Program tanam bibit pohon Jeruk Siem Madu ini melibatkan Karang Taruna, PKK Desa dan Gapoktan Desa Pabean. (Mas/Ir/Kominfo)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url