Anggota DPR RI Komisi V Mendorong Keberlanjutan Program Pembangunan Long Storage Kalimati Tarik



Sidoarjo - Sejak dimulai pembangunannya di tahun 2017 lalu, Long Storage yang berada di Desa Kalimati Kecamatan Tarik masih belum dimanfaatkan dengan optimal. Sebagai sumber air baku, Long Storage Kalimati masih belum beroperasional. Kondisi tersebut menjadi perhatian anggota Komisi V DPR RI. Pagi tadi anggota Komisi V DPR RI yang dipimpin oleh Sigit Sosiantomo melakukan Kunjungan Kerjanya ke Long Storage Kalimati Tarik, Senin, (21/2).

Kedatangan Sigit Sosiantomo bersama empat anggota dewan lainnya disambut Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP bersama Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Ir. Jarot Widyoko. 

Sigit akan mendorong keberlanjutan Long Storage Kalimati agar segera dapat dimanfaatkan. Pasalnya keberadaan Long Storage Kalimati sangat penting dalam menunjang terpenuhinya air baku bagi warga Sidoarjo dan Mojokerto. 

Sigit melihat Kabupaten Sidoarjo sebagai kabupaten penyangga Kota Surabaya memiliki kebutuhan air baku yang cukup tinggi. Menurut Sigit, Kabupaten Sidoarjo merupakan wilayah industri. Selain itu dengan jumlah perumahan yang banyak menjadikan kebutuhan akan air baku sangat tinggi.

"Proyek Long Storage Kalimati ini tidak akan berhenti, kami juga akan minta teman-teman anggota DPR agar air baku dari Long Storage ini bisa tersambung ke PDAM Sidoarjo sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya,"ucapnya.

Sigit mengusulkan keberadaan Long Storage Kalimati tidak hanya sebagai tempat pengolahan air baku saja. Namun keberadaannya dapat dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi masyarakat. Seperti halnya dibangun jembatan gantung yang bisa jadi wahana wisata dengan spot menikmati keindahan disekitar Long Storage Kalimati.

"Kalau dikanan kiri dibuat jogging track dan ditambah jembatan gantung mungkin cantik juga dan bisa menjadi destinasi wisata masyarakat,"usulnya.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Ir. Jarot Widyoko mengatakan pemanfaatan Long Storage Kalimati menunggu keputusan gubernur Jawa Timur terkait Sistem Penyediaan Air Minum/SPAM. 

Setelah Long Storage Kalimati ditetapkan sebagai SPAM regional, pihaknya akan memenuhi pompa air nya. Pompa tersebut akan melayani debit air bagi Kabupaten Sidoarjo sebesar 1000 liter perdetik dan Kabupaten Mojokerto 500 liter perdetik.

"Sistem Long Storage Kalimati ini sebenarnya sudah selesai, yang belum kita kerjakan itu pompa dan rumah pompa, tinggal menunggu kesepakatan skema Long Storage Kalimati dengan model SPAM regional,"ujarnya. (Tim/Kominfo)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url