SD Al- Muslim wadung asri sidoarjo Peringati Hari Gizi Nasional ke 62 Bersama-sama Cegah Stunting dan Obesitas


Sidoarjo-, Nuswantoropos.com Hari gizi Nasional

diperingati setiap tahun pada 25 Januari. Peringatan ini menjadi momentum penting untuk meningkatkan kepedulian berbagai pihak bersama membangun masyarakat yang sehat melalui gizi seimbang.

Hari Gizi Nasional diperingati dengan tema yang berbeda beda tiap tahunnya. Pada peringatan yang ke-62, Hari Gizi Nasional tahun ini mengusung tema "Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas.

Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kurang gizi kronis dan infeksi berulang yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar.

Stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik Sedangkan obesitas merupakan faktor risiko terjadinya Penyakit Tidak menular (PTM) seperti Penyakit Jantung Koroner (PJK), Diabetes Melitus (DM) atau kencing manis, dan hipertensi atau darah tinggi.

Pencegahan terhadap obesitas dapat dilakukan dengan menjalankan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yaitu aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, mengonsumsi buah dan sayur, mengurangi konsumsi gula garam dan lemak, dan memeriksakan kesehatan secara rutin.

Kenapa ini kok kita mendahului kita memang biasanya menyongsong itu kita sama-sama nanti tujuan kami adalah supaya anak-anak ini mengetahui pentingnya gizi dalam pertumbuhannya karena kan bisa kan juga aja anak-anak yang masuk tradisi seperti itu dan mereka akan tahu apa saya untuk memenuhi kebutuhan guru saya karena saya dalam masa masa pertumbuhan yang pertama yang dilakukan adalah makanan-makanan yang bergizi makanya tadi kan saya sampaikan ke orang tua hari ini di bekali dengan 4 sehat 5 sempurna dari tadi itu. 

Kayaknya lengkap sudah, ada nasi, ada sayur ada buah. Alhamdulillah orang tuanya juga sangat cepat sehingga mereka di bawakan makanan yang memang 4 sehat 5 sempurna yang benar benar dari sekolah hari ini kita gelar untuk peringatan Hari gizi yang pertama senang bersama mulai kelas 1 sampai dengan 5.

Anak-anak juga di perlihat kan adanya poster poster yang isinya tentang teman-teman gizi seimbang supaya ke depan nya khusus nya anak-anak di SD Al Muslim.

Ada kegiatan seru lain yang di laksanakan siswa SD Al Muslim yakni membuat topi dan poster bertema kan piramida makanan gizi seimbang.

Kelas 1,2 & 3 membuat topi piramida makanan gizi seimbang sesuai bekal makanan sehat yang mereka bawa.

Harapan siswa konsisten dalam mengkomsumsi makanan sehat gizi seimbang supaya tumbuh kembang anak optimal dan nantinya dapat mengimgat kan orang orang di sekitar tentang penting nya mencegah stunting. Harapan dari Ustazah Fatimatuz Zahroh selaku Kepala Sekolah SD Al - Muslim. (Samisri)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url