Meski Di Terjang Gelombang, Persahabatan Dua Kapal Perang InI Makin Kompak




TNI AL. Koarmada II. Surabaya,  - Laut Jawa saat ini kurang bersahabat. Tinggi gelombang yang mencapai 2,5 meter akan menyurutkan niat kebanyakan pelaut untuk berlayar. Namun, tidak demikian bagi KRI Diponegoro-365 yang saat itu sedang melaksanakan Operasi Komodo Jaya. Tidak hanya berlayar, kapal perang dari Satuan Kapal Eskorta Koarmada II ini justru melaksanakan _Passex_ (_Passing Exercise_) dengan Kapal Perang Republik Singapura. 

Latihan yang berlangsung pada Senin (24/1) ini, melibatkan dua Angkatan Laut, yakni TNI AL yang diwakili oleh KRI Diponegoro-365 dan RSN (_Republic of Singapore Navy_) diwakili oleh RSS Endeavour-210. Keduanya melaksanakan latihan dalam beberapa serial, yang terdiri dari _Pubex_ (_Publication Exercise_), _Flag Hoist Exercise_, _Manex_ (_Manoeuvring Exercise_), dan diakhiri dengan _Sail Past_. 

Terkait latihan tersebut, Komandan Satkor Koarmada II Kolonel Laut (P) Tunggul secara terpisah menyampaikan bahwa selain untuk melatih profesionalisme prajurit, serial latihan ini juga bertujuan untuk menjalin hubungan persahabatan yang lebih erat antara TNI AL dan RSN, yang selama ini sudah berjalan baik.

"Sejalan dengan perintah Kasal dan Pangkoarmada II, yaitu,  apabila bertemu dengan kapal perang negara lain di perairan yurisdiksi Indonesia, KRI wajib melaksanakan komunikasi dan jika memungkinkan melaksanakan latihan bersama guna menjalin hubungan baik dengan Angkatan Laut negara lain, " terang Kolonel Tunggul. 

Ia pun menambahkan, latihan bersama antara TNI AL dan RSN menunjukan bahwa alam yang kurang bersahabat tidak menghalangi semangat persahabatan yang dijalin oleh dua kapal perang.

(Pen2)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url